BLANTERORBITv102

    Pentingnya Akil dan Baliq Bersamaan

    Rabu, 17 Maret 2021

     


    Pada slide persentasi di bawah ini, penjelasan mengenai apa itu akil dan balig sudah dijelaskan dengan sangat jelas. Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan kata balig, menyesuaikan dengan KBBI.

    Ternyata tanda balig pada anak perempuan bisa terjadi pada usia 9 tahun. Tak baik ya jika saya menunda memberi pemahaman bagaimana proses balig ini kepada anak saya? Seperti halnya saya dulu ... rasanya bingung menghadapi masa-masa menstruasi pada awal terjadinya.

    Dulu, saya sudah kelas 3 SMP, meski demikian karena waktu itu saya terpisah dari orang tua jadi proses itu saya jalani tanpa bimbingan. Ada rasa malu untuk bertanya kepada saudara-saudara perempuan.


    Akil dan balig memang sebaiknya berjalan seiring. Untuk itu tentu orang tua berkewajiban membekali anak dengan pengetahuan,sers menyiapkan anak menyongsong balig dengan akil.

    Saya memiliki rekan dua pemuda zaman now yang bagi saya keduanya memiliki kematangan sikap dalam usia balignya. Rasa kagum dan trenyuh saat melihat keduanya. Betapa orang tua keduanya merasakan bangga yang menyusup dalam kalbu mereka.

    Keduanya memiliki tanggung jawab pada hidupnya. Baik dalam menafkahi dirinya, pun juga dalam memenuhi kewajiban dalam beribadah. Hal yang menginspirasi dalam bagaimana ia bekerja adalah saat 

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com