BLANTERORBITv102

    Peran Ayah dalam Pengasuhan untuk Pendidikan Seksualitas

    Rabu, 17 Maret 2021

    Era ini, diberitakan bahwa banyak anak-anak yang kurang mendapatkan perhatian dari ayahnya. Hal ini membuat perkembangan psikisnya kurang sempurna. Seperti sebuah puzzle, ada bagian yang tak bisa dirangkai karena kepingannya hilang.

    Era ini, teknologi sudah jauh lebih canggih bila dibandingkan dengan masa kecil saya dulu. Jika memang mengalami LDM (Long Distance Merriage) seharusnya memiliki konsekuensi untuk tetap meluangkan waktu untuk menjadi teladan bagi anak-anaknya. Ada beberapa cara yang bisa Ayah lakukan untuk memenuhi kebutuhan figure ayah  bagi seorang anak.

     


    Peran ayah ... bagiku memiliki suami Mas Joko adalah hal yang harus disyukuri. Betapa ia melimpahkan kasih sayang kepada putri-putrinya, meski kami berjauhan, tak pernah anak-anak merasa kehilangan ayahnya. Perhatiannya pada anak-anak sering kali membuatku ingin menyematkan predikat ayah terbaik.

    Allah Maha Baik ... jika dalam hidupku, aku mengalami yang namanya father hunger, kini aku mendapatkan sosok suami yang mampu membuatku merasa ... ternyata tidak semua laki-laki menyebalkan. Banyak kekecewan yang timbul sebab ayah tidak piawai dalam menjalani perannya sebagai ayah dan juga suami.

    Membuat diriku seringkali merasa:

    "apa sih tujuannya aku dilahirkan ke dunia ini?"

    "Aku ini tidak berarti bagi siapa pun!"

    "Aku ini mungkin penyebab mereka bertengkar."

    "Aku ini mungkin lebih baik jika tidak dilahirkan."


    Aku pernah hampir menangis ketika mengatakan pada anak-anakku, betapa beruntungnya mereka berdua memiliki ayah seperti ayah mereka. Menyayangi sepenuh hati, melimpahkan segala perhatian, dan bekerja keras memastikan kenyamanan mereka.



    Topik ini menyesakkan dada. Terima kasih para ayah yang tidak meninggalkan perannya, kalian luar biasa.

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com