About Me (Portofolio)

Assalamu'alaikum halo semuanya, 

Perkenalkan Lantana Ungu adalah nama pena dari Sukma Meganingrum, seorang ibu dengan dua orang putri Vay & Ai . Lahir di Temanggung, pada akhir Oktober. Menyukai dunia literasi sejak masih duduk di bangku SMP. Selain itu ia menyukai teater, hiking, dan juga climbing. Pengalaman pertama karyanya dibaca oleh orang lain adalah saat mengikuti lomba puisi tingkat SMP dan SMA di Temanggung, sewaktu ia masih duduk di kelas dua SMP.

Pengalaman kerja sebelum resmi menjabat sebagai ibu rumah tangga (IRT) adalah sebagai seorang analis laboratorium di Wings Food, noodle division selama 1 tahun, baverage division selama 4 tahun. Pengalaman kerja terakhirnya sebagai seorang document controller di departemen R&D Pharma di perusahaan Enesis Grup, membuatnya kembali teringat akan kecintaannya terhadap dunia tulis menulis.

Pengalaman Organisasi yang Berhubungan dengan Kepenulisan

1) PJ Writing Club Komunitas Hijrah Parening Islami

Berawal dari kegiatan Writing Club ini, Sukma mulai menulis di blog ini, awalnya dengan alamat lantanaungu.blogspot.com

Ada beberapa ilmu yang membuatnya memilih blog sebagai sarana membahagiakan diri dengan menulis. 

2) PJ Rumbel Literasi IP Bekasi tahun 2020

Rumbel adalah singkatan dari rumah belajar, merupakan wadah bagi pecinta literasi dalam komunitas Institut Ibu Profesional. Rumbel Literasi Bekasi memiliki e-bulletin yang waktu itu rutin tayang setiap bulan, pada waktu itu terbit buku antologi anak (Cergam) Jelajah Dunia Islam dengan tokoh Lisy dan Tera yang merupakan tokoh animasi dari Rumbel Literasi IP Bekasi. 

Aktivitasnya meliputi: bincang member, kata baku dan PUEBI, blogwalking, kontribusi menulis e-bulletin, serta kontribusi menjadi penulis buku antologi. Hal ini menambah kemampuan dalam bidang kepenulisan.

3) Class Leader di Komunitas Rumah Antologi Indonesia

Komunitas Rumah Antologi Indonesia adalah sebuah rumah yang nyaman untuk para penulis pemula. Di kelas menulis ini, selain berhasil menerbitkan buku, para penulis mendapatkan ilmu dalam memperindah tulisan serta memahami kaidah penulisan. Tidak sekadar dijadikan buku, naskah dari para penulis disunting maksimal. 
Trophy Leader Kreatif


Sebagai seorang class leader tentu membuat kemampuan menulisnya, sedikit demi sedikit berkembang. Selain memandu kelas, leader diberi kesempatan untuk mengedit naskah. Meski pada akhirnya disunting maksimal oleh editor. Namun proses ini merupakan tahap pembelajaran yang menarik bagi Sukma. 

Buku Antologi yang Sudah Diterbitkan

Alhamdulillah apa yang kumimpikan sedikit demi sedikit Allah wujudkan. Bukan sekadar upaya, Allah membuatku bertemu dengan beberapa kesempatan dan orang yang bisa merealisasikan mimpi yang pada awalnya seolah hanya mimpi belaka. Memiliki karya yang dibukukan, meski baru berupa antologi yang diterbikan secara indie, tetapi toh tulisanku bisa menjumpai pembacanya. Meski jumlahnya adalah 700++ eksampler terjual, 300++ terjual, atau kurang dari itu. Aku bersyukur sekali.

Meski  tetap saja ada yang memandang sebelah mata atau mencemooh dengan ungkapan, "Sudah tua kamu tuh, bukan saatnya membuktikan diri." Semoga suatu saat nanti cemoohan seperti itu bisa menjadi karya tulis yang akan bertemu dengan pembaca yang cocok.
  • Curahan Hati untuk Tuhan [non fiksi kreatif]
  • Lentera Purwa Jiwa [puisi]
  • Meretas Jejak Asa [non fiksi kreatif]
  • Pregnancy Journey [non fiksi kreatif]
  • Alegori Rima Kota [puisi]
  • Mulazzamah Leksikal [quote]
  • Luminesensi (Analekta Wanita Tangguh) [non fiksi kreatif]
  • (Bukan) Cerita Horor [non fiksi kreatif]
  • Rinai Cinta dalam Diksi [quote]
  • Jelajah Dunia Islam (cergam anak) [non fiksi kreatif]
  • Antologi Sahabat Bunda [non fiksi kreatif]
  • Homescholing (Dari Rumah Menuju Peran Peradaban)  [non fiksi kreatif/parenting]
  • Tabula Rasa [parenting]
  • Serenade Partitur Hujan [puisi]
  • Luruh untuk Tangguh [non fiksikreatif]
  • Especialy For You [surat]
  • Home Sweet Homeschooling [non fiksi kreatif/parenting]
  • Remai Derana [non fiksi kreatif]
  • Senarai Mimpi [non fiksi kreatif]
Deretan karya ini semoga bukan akhir, masih ada karya lagi esok hari. Mungkin, nanti aku bisa menuliskan sebuah buku solo, semoga saja.

Juara 1 Lomba Blog Arvahub

Merasa bahagia saat artikelku berjudul Virtual Office Jakarta Arvahub, Kolega UMKM  terpilih sebagai juara 1. Seakan memberi sedikit suntikan percaya diri dan semangat untuk tak lelah belajar. Alhamdulillah.

Program Kerja Sama

Blog ini, masih dalam masa pertumbuhan, penulisnya masih tertatih untuk menjadikannya sebagai wadah berkarya. Ingin bertumbuh agar menjadi blogger profesional, sehingga selain berbagi cerita juga diharapkan bisa menjadi teman untuk menjalani hari tua dengan lebih bergaya. Jika menurut Anda layak untuk diajak bekerja sama, tak perlu sungkan. Silakan kirim informasi melalui surel: sukmameganingrum@gmail.com

Posting Komentar