Desa Wisata Nglinggo: Kamu Harus Tahu Betapa Menakjubkan Keindahan Alamnya!

Desa Wisata Nglinggo
Desa Wisata Nglinggo pic: Ig @dhian_hardjodisastro

Desa Wisata Nglinggo, terdapat di pegunungan Menoreh dengan rata-rata ketinggian 800-1000 Mdpl. Sebuah tempat yang menakjubkan, jalur perlintasan hiking para bule, tempat gowes-nya pecinta olah raga sepeda gunung, jalur offroad (wisata buatan), tempat wisata alam dan wisata budaya.

Berada dalam ketinggian tersebut, membuat udara di sana terasa sejuk. Terletak di Desa Nglinggo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata ini berada dalam lahan seluas 40 ha. Pada tahun 2018, desa ini telah ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia sebagai desa dengan pengelolaan Community Based Tourism (CBT) terbaik di Indonesia.

Perpaduan antara wisata alam yang begitu indah, dengan wisata buatan yang menawan, membuat wisatawan betah berlama-lama. Aku tak menampik jika orang-orang mengatakan bahwa panorama di sini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Pas banget untuk rihlah, memuji kebesaran Sang Pencipta. Aku pun selalu rindu dan ingin balik lagi mengunjungi destinasi wisata ini.

Pesona yang Ditawarkan Desa Wisata Nglinggo

Jika kebetulan sedang di kampung halaman, ingin selalu menyempatkan melepas rindu ke Desa Wisata Nglinggo ini. Jalurnya yang terjal membuatku berpikir dua kali untuk berkendara ke sana sendirian. Pastikan kendaran sudah diuji kelaikannya untuk jabanin track ini. Bagian yang menguji adrenaline di mulai dari Pasar Plono, Samigaluh menuju lokasi.

Jaraknya tak jauh dari Pasar Plono, jika hari libur biasanya ada petugas yang mengatur lalu lintas di sana. Supaya mobil yang turun dan naik bisa aman dalam berkendara. Jalan di sana selain terdapat tanjakan tajam, lebar jalannya terbilang masih kurang jika alur kendaraan tidak diatur dengan baik. Keselamatan pengunjung menjadi prioritas bagi pihak pengelola.

Jika musim liburan, maka di Pasar Plono ini biasa berjajar mobil jeep, atau motor trail. Komunitas pecinta offroad dari berbagai daerah tertantang untuk menjajal terjalnya jalur offroad di pegunungan menoreh ini. Begitu pula dengan bikers, hari libur selalu semarak dengan gowes-er.

1. Pesona Tumpeng Menoreh

Desa Wisata Nglinggo
Tumpeng Menoreh pic:@shoimsetam

Tumpeng menoreh bisa dibilang menara pandang, berada di ketinggian 1000 Mdpl, perbukitan di area sekitar tampak begitu indah. Jika suasana sedang cerah maka puncak Candi Borobudur akan terlihat dari sini. Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing menjadi obyek pandang yang tak membuat jemu. Di bagian atas, terdapat puncak bukit yang berbentuk seperti tumpeng. Makanya tempat ini disebut tumpeng menoreh.

Jika sedang berkabut, maka jarak pandang kita mejadi terbatas. Namun, pada situasi ini memberi sensasi yang sama menyenangkannya. Seolah kita sedang dalam dekapan sang awan. Memberi sensasi dingin yang brrrrr ... terutama di pagi dan malam hari.


Desa Wisata Nglinggo

Untuk mencapai puncaknya, kita harus berjalan menyusuri jalan setapak, dilanjutkan dengan tangga yang membuat napas kita menderu. Apalagi jika harus mengejar anak-anak, energi mereka yang tak ada habisnya membuatku sadar umur. hehe

Harga tiket masuk tumpeng menoreh adalah 50.000,- IDR (tiket 25.000,- IDR + voucher makan seharga 25.000). Ada banyak pilihan makanan yang ada di rumah makan Tumpeng Menoreh. Siapkan dana tambahan untuk menikmati makanan dan minuman di sini. Tempat makannya kita bisa memilih di area out door, atau in door sambil menikmati suasana.

Tenang, tak perlu khawatir selain pemandangan menawan, tempat ini juga sudah ditata dengan indah hingga tampak instgramable. Banyak spot fotonya, meski banyak pengunjung kita akan tetap mendapatkan foto-foto keren tanpa berlama-lama mengantre.

Musisi Endank Soekamti dan Jogja Hip Hop Foundation membuat video klip untuk lagu mereka berjudul 'Jogja Istimewa' di Tumpeng Menoreh ini.


2. Ada Kereta Udara di Tumpeng Ayu 


Desa Wisata Nglinggo
Tumpeng Ayu Kulon Progo pic: @tumpeng menoreh

Loket untuk membeli tiket satu tempat dengan tumpeng menoreh, Tumpeng Ayu berada di bawah Tumpeng Menoreh. Namun, jalurnya berbeda, karena merupakan dua bukit yang berbeda. Meski tak seperti menara pandang yang bisa menjangkau banyak pandangan. Tumpeng Ayu memiliki pesona yang berbeda.

Ada kereta udara, yang membawa pelancong menikmati indahnya belantara dari ketinggian. Bentuk unik dari bukit-bukit di sini membuat kita tak sayang mengeluarkan kocek untuk merasakan sensasinya pemandangan melalui gondola.

Desa Wisata Nglinggo
Kereta Udara Tumpeng Ayu Nglinggo pic: IG @tumpengayu



Di sini, juga ada rumah makannya. Tiket masuknya sudah beserta voucher makan. Ada banyak makanan berat yang menggugah selera. Begitu juga dengan camilan yang disediakan. Tak afzol 'kan ya, kalau nggak mengabadikan foto atau video lagi ngopi-ngopi atau nyoklat cantik.

Harga tiket masuk Tumpeng Ayu yang perlu kamu siapkan sebesar 100.000,- IDR. Sudah include voucher makan dan naik kereta udara. Siapin dana tambahan untuk cemal-cemil cantik di sana.


3. Glamping di Puncak 9 & Camping di Bukit Ngisis Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo
Camping Bukit Ngisis Nglinggo pic: IG @puncak9.bukitngisis

Bagi yang lagi ngincer untuk dolan ke Yogyayakarta, bisa memilih untuk menginap di sana. Jam operasional tempat ini adalah check in pukul 14.00 dan check out pukul 12.00. Di area ini banyak spot foto keren.

Ada cafe dengan spot foto yang keren-keren, Anak-anakku sudah jauh meninggalkanku, menghampiri semua spot foto yang mereka sukai beruntung ada beberapa yang sempat diabadikan. Pemandangan di sini tak kalah kece, jurang tajam memisahkan masing-masing bukit, membuat mata bisa mengeksplorasi pemandangan. 
Desa Wisata Nglinggo

Di sana juga ada menara pandang, sayangnya kami tidak bisa berlama-lama. Padahal saat itu cuaca sedang berkabut. Jarak pandang kami tak terlalu jauh meskipun kami sudah sampai ke puncak menara pandang. 


Desa wisata nglinggo
Glamping Desa Wisata Nglinggo pic: Jadesta Kemenparekraf


Lokasi glamping berada pada ketinggian puncak  9, sehingga saat kita berada di dalam bilik tetap bisa melihat keindahan alamnya. Selain udaranya yang segar, suara burung-burung menjadi backsound yang indah.

Fasilitas wifi membuat nggak mati gaya dong. Bisa sembari menebar virus dan bikin teman-teman mupeng lewat live streaming atau panggilan video. Tukang pamer, dasar! Biaya yang yang dibutuhkan kisaran 400.000 - 600.000,- IDR per paket. Kapasitas untuk 2 & 4 orang.

Paket camping jauh lebih affordable, pengunjung yang sudah memiliki perlengkapan camping seperti dom, sleeping bag dan matras tinggal melakukan pembelian paket reguler, seharga 30.000,- dengan fasilitas: listrik, kamar mandi, wifi dan air bersih. 

Pengunjung juga bisa memilih paket medium (150.000 & 250.000)  dan premium (250.000 & 400.000), untuk mendapatkan fasilitas penyewaan tenda/dom, sleeping bag & matras. Bedanya untuk premium mendapatkan 2 kali makan. Kapasitasnya untuk 2 & 4 orang. Ndang ojo kesuan, sisan golek sunrise!

4. Arena Offroad yang Menantang Adrenalin

Desa wisata nglinggo
Keseruan offroad di Desa Wisata Nglinggo pic: Jadesa Kemenparekraf

Ada beberapa rute pilihan untuk ekplorasi hutan Nglinggo. Rute dekat dan jauh. Medan offroad-nya menantang, patut dicoba. Pemandangannya juga bagus, melalui hutan pinus. Rute paling jauh hingga ke Candi Borobudur.

Ada beberapa pilihan track yang bisa kalian pilih, berikut jalur track dan harga paket offroad Desa Wisata Nglinggo yang bisa kalian persiapkan:

  1. Jalur Track Pendek adalah rute melewati Hutan Pinus - Deloano Glamping - Kebun Teh Nglinggo, perkiraan waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 2 Km. Harga paket 600.000/ Jeep/ 3 orang.
  2. Jalur Track Sedang adalah rute melintasi kebun teh Nglinggo - Bukit Ngisis - Deloano Glamping - Hutan Pinus - Gunung Kunir - dan perkiraan waktu yanmg dibutuhkan sekitar 3-4 jam dengan jarak tempuh sekitar 6 Km. Harga paket 700.000/ Jeep/ 3 orang.
  3. Jalur Track Panjang adalah melintasi Kebun Teh Nglinggo - Bukit Ngisis - Museum Marmer - Desa Ngargoretno (susu kambing etawa) - Panen Madu - Candi Borobudur dan perkiraan dibutuhkan waktu sekitar 9 jam dengan jarak tempuh 13 Km. Harga paket 950.000/ Jeep/ 3 orang
Harga dapat berubah sewaktu-waktu ya, jangan lupa untuk cek harga terbaru jika ingin reservasi.

5. Kesenian Rakyat Tari Lengger Tapeng

Desa Wisata Nglinggo
Tari Lengger Tapeng Khas Nglinggo pic: Jadesta Kemenparekraf

Menurut Moseum Sonobudoyo Yogyakarta, kesenian Lengger Tapeng ini sudah ada sejak tahun 1915. Tari Lengger Tapeng ini merupakan tarian khas Dusun Nglinggo. Hampir sama dengan tari Lengger khas Banyumas, tetapi berbeda. Tari Lengger Tapeng ini ditarikan oleh laki-laki dan perempuan. Sesuai namanya tapeng yang berarti topeng, para lelaki memakai topeng.

Selain sebagai hiburan, tari Lengger Tapeng ini memiliki nilai magis dan budaya. Tarian ini sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Tari ini digelar pada waktu yang ditentukan, jika ingin menikmati sebaiknya mencari info dulu kapan akan ada jadwal pagelaran Kesenian Lengger Tapeng.

Tips Supaya Nyaman Berlibur Ke Desa Wisata Nglinggo

Setelah mengetahui beberapa info menarik di atas, agar liburanmu di Desa Wisata Nglinggo lebih nyaman perhatikan tips-tips berikut ini ya:

1. Memilih Waktu yang Tepat


Aku lebih suka ke sana ketika hari cerah, musim hujan akan membuat kita terbatas mengeksplor tempat wisata ini. Jalan terjalnya membuatku khawatir licin jika berlibur ke sana di musim penghujan. Selain itu jika pertama kali datang ke sana, disarankan agar menghindari datang di malam hari. 

Jalanan masih kurang kondusif ditambah dengan sering ada kabut. sehingga akan lebih aman berkendara pada siang hari.

2. Melakukan Reservasi dengan Menghubungi Pihak Pengelola


Hubungi Pihak pengelola jika bermaksud menginap beserta rombongan, supaya ketersediaan tempatnya pas. Selain itu bisa sekalian menentukan paket wisata yang ingin diambil. Dengan begini perjalanan akan lebih enak, tidak perlu was-was akan ketersediaan tempat.

3. Siapkan Outfit yang Tepat


Siapkan baju hangat, soalnya udara di sini cenderung dingin. Gunakan outfit yang nyaman untuk bergerak. Wisata Alam Nglinggo ini menuntut kita untuk banyak jalan kaki, pastikan kalian menggunakan alas kaki yang sesuai ya, hindari memakai sepatu berhak. Jika perlu bawalah kaos kaki dan syal untuk malam hari.

Jika mengajak anak-anak, pastikan untuk membawa minyak telon atau minyak kayu putih agar tidak kedinginan.

4. Periksa Kondisi Kendaraan


Hal yang amat penting jika menggunakan kendaraan pribadi adalah memeriksa kondisi kendaraan. Jalanan yang curam membutuhkan kondisi kendaraan prima. Jadi pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik, sebelum berangkat ke Desa Wisata Nglinggo.

Rute Mudah ke Desa Wisata Nglinggo


Rute untuk mencapai mencapai lokasi dari Tugu Jogja, maka kalian harus mengambil jalur menuju Kulon Progo, setelah melewati jembatan sungai progo, kalian harus menuju ke lampu merah Dekso. Pilih arah Samigaluh. Jarak yang ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta ke Desa Wisata Nglinggo sekitar 36 Km, dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam.

Setelah semua persiapan dilakukan, saatnya berangkat berlibur ke Desa Wisata Nglinggo.Yuk tentukan pilihanmu dan persiapkan anggarannya. Menurutmu paket wisata yang mana yang paling kamu mau di Desa Wisata Nglinggo?




Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

2 komentar

  1. Jogjaaa jogjaaaa jogjaaa istimewaaa

    Duh makin mupemg akutuu buat segera plesir ke jogjaaaa
    Moga2 dimudahkan bisa k sana, aamiinnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin ... yuk gaaas keun. Jangan lupa main ke Nglinggo juga ya.

      Hapus

Posting Komentar