Kraft Crolette, Kreasi Menu Buka Puasa Praktis Irit Minyak

Kraft crolette

Challenge accepted! membuat Kraft Crolette, kreasi menu buka puasa praktis irit minyak.”

Senang sekali ada menu praktis plus irit minyak. Penyesuaian harga minyak bagi ibu sepertiku benar-benar jadi tantangan. Bagaimana tidak, ini bukan sekadar naik melainkan ganti harga baru.

Sebetulnya tak perlu ada anjuran merebus dan mengukus. Para ibu sudah auto menyesuaikan dengan keadaan, berbagai menu irit minyak menjadi incaran untuk dieksekusi. Masalahnya anak-anak mau makan atau tidak?

Menggeser menu kesukaan anak-anak dengan rebus dan kukus jelas bukan solusi untuk saat ini. Terlebih suasana Bulan Ramadan, maunya anak-anak tetap bahagia dan kebutuhan gizi terpenuhi. Kalau untuk orang tua, sungguh tak jadi masalah. Ibarat kata, makan dengan sambal ditemani ikan asin bakar juga sudah bisa menghabiskan sepiring nasi hangat.

Keluargaku memiliki banyak menu lauk pauk metode olah tanpa minyak seperti pepes, botok, docang ikan panggang, pindang serani, dan banyak menu lokal lainnya. Persoalannya anak-anak tak mau menyentuh hidangan itu. Proses pengenalan ini bukan dadakan―sudah sejak sebelum harga minyak melambung, tetapi belum berhasil. Meski sudah disembunyikan dalam nasi, berakhir dengan di-lepeh.

Nah cocok benget nih, aku ketemu menu buka puasa praktis. Benar-benar praktis langsung simak saja ya. 

Apa itu Kraft Crolette?

Beruntung timeline di sosial media menampilkan resep praktis berbahan dasar kesukaan anak-anak dengan hemat minyak. Jujur ini bukan menu hasil kreasi sendiri, melainkan recook.

Menu Kraft Crolette ini berasal dari gabungan kata crown dan omelette. Omelette yang memiliki mahkota terbuat dari keju asli.

Tampilannya menggugah selera, orang-orang bilang telur sultan. Rasanya juga enak, anak-anak suka. 

Aku belum mahir membuatnya tetapi menu ini mudah dibuat, tinggi protein, rasanya enak, dan juga irit minyak. Agar pembuatan Crolette ini berhasil maka bahan baku keju yang digunakan harus menggunakan keju Kraft Cheddar.

Mengapa Harus Keju Kraft Cheddar?

Ibu tentu masih ingat dengan kampanye #KejuAsliCheck untuk menentukan kualitas keju, tempo hari. Berdasarkan kampanye tersebut, Keju Kraft Cheddar yang diketahui berbahan utama keju cheddar asli, memenuhi kriteria kampanye #KejuAsliCheck

Keju asli check

Ada dua cara mudah yang bisa ibu gunakan untuk memastikan keju yang Ibu pilih adalah keju asli:

1. Pastikan Kompisisi Utamanya adalah Keju Asli

Cara memastikan hal ini, cukup mudah Ibu, tinggal periksa kemasan kejunya. Baca pada bagian komposisinya ya Ibu, keju harus ada pada urutan pertama. Bukan air atau tepung, Keju Kraft Cheddar, komposisi utamanya adalah Keju Cheddar asli dari New Zealand. 

2. Pastikan Ada Klaim Nutrisi Pada Kemasannya

Pada kemasan Keju Kraft Cheddar ada klaim nutrisi berada tepat di samping komposisi. Pada tabel vitamin dan mineral terdapat klaim kalsium/calcium sebanyak 10% AKG. Ada klaim protein sebanyak 4 gram atau 8% AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal. Hal inilah yang membuat Keju Kraft Cheddar memenuhi syarat Kampanye #KejuAsliCheck

Selain itu, Keju Kraft Cheddar memiliki kandungan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembang anak. Berikut ini kandungan nutrisi yang ada pada Keju Kraft Cheddar:
  1. Mengandung Nutrisi Calci-Milk
  2. Kaya akan kalsium
  3. Tinggi protein
  4. Mengandung Vitamin D
  5. Gurihnya tanpa perisa tambahan
Selain kandungan protein dan kalsium yang mampu memenuhi kebutuhan kecukupan gizi harian, juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi ada kandungan vitamin D, akan membantu anak untuk tetap sehat saat berpuasa di masa pandemi. Tanpa perisa tambahan juga loh. 

Hanya Keju Kraft Cheddar yang Bisa

Kraft Crolette hanya bisa dibuat dengan menggunakan Keju Kraft Cheddar saja. Keju ini memiliki keunggulan tinggi protein, dan kalsium. Kandungan tinggi protein ini membuat keju tak gampang patah saat di panaskan. Sehingga akan menghasilkan crown yang istimewa.

Aku membuat menu praktis ini dengan ditemani anak-anak. Bau harum yang muncul membuat anak-anak merasa tergoda. Mereka tak sabar menanti saatnya berbuka puasa.

Mereka bahagia melihat dua bahan makanan favorit mereka yaitu telur dan keju menjadi menu berbuka puasa mereka. Apalagi saat melihat bentuk crown-nya, ingin buru-buru mencicipi.

"Wah keju!"
"Kok meleleh sih Ma."
"Itu keju mozarella atau keju apa Bude?"
"Wah bisa keras lagi ya kejunya."
"Ini udah jadi ya, wah sayang nggak bisa nyicip. Hampir aja aku makan kejunya."

Banyak pertanyaan saat melihat langsung prosesnya. Mereka berkomentar juga tentang aromanya yang menggugah selera. Buat aku, ketika masak dan mereka tertarik untuk mencoba tanpa dibujuk menimbulkan semangat tersendiri. Komentar yang mengundang tawa kami adalah ungkapan dari Aida.

"Ini sudah mau buka puasa belum sih Ma? Kok Mama udah masak, baunya bikin Aida laper. "

Kami tertawa bersama, sambil menyemangati Aida agar tetap kuat. Sedetik kemudian muncul ide dari Aida untuk mengajak semuanya meninggalkan dapur.

"Di sini bikin kita tambah laper, yuk main di luar aja Mbak Vanya dan Dik Alan."

Tips Agar Crown Sempurna

Setelah mencoba aku baru bisa kasih tips jitu untuk kalian, supaya crown yang kalian buat lebih sempurna dari milikku. Ada empat tips yang akan kuberikan dari segi pemilihan bahan dan juga teknis. Simak ya! 

1. Hanya Pakai Keju Kraft Cheddar

Meskipun kita tahu, di Indonesia ini ada banyak jenis dan merek keju. Akan tetapi untuk membuat Crolette ini, sebaiknya Ibu menggunakan keju tinggi protein yaitu keju Kraft Cheddar. 

2. Gunakan Kraft Cheddar Mini untuk Takaran Pas

Sesuai resep, keju yang dibutuhkan untuk membuat crown adalah 30 gram. Membuat menggunakan keju dengan kemasan 30 gram akan membantu Ibu untuk mendapatkan takaran pas. Usahakan keju merata dan tidak terlalu tebal. Ini memengaruhi keberhasilan pembuatan crown

3. Gunakan Wajan Anti Lengket


Panaskan wajan anti lengket terlebih dahulu dengan api kecil, tanpa penambahan minyak supaya tampilan crown bagus. Parut keju di atas teflon yang sudah panas.

4. Angkat Bagian yang Ada Telurnya


Setelah telur/omelette diletakkan selama dua menit, angkat dengan spatula pada bagian yang ada telurnya. Teknik yang aku gunakan keliru, jadi crown keju keriting, sebab aku mencoba mengangkat dari pinggir. Pinggiran keju terdorong spatula hingga keriting. 


Resep Kraft Crolette

Resep Kraft Crolette

Yuk prepare dulu, alat yang dibutuhkan hanya pan teflon, spatula, mangkok & kocokan telur, terakhir parutan keju. Kalau tak ada pan teflon, ibu bisa menggunakan wajan anti lengket lainnya yang biasa Ibu gunakan di rumah. 

Bahan yang digunakan:

  • 2 butir telur ayam
  • Keju (30 gr) 
  • Minyak goreng secukupnya
  • Sayur dan bumbu (opsional) 

Cara Membuat:

  1. Kocok telur hingga rata, (tambahkan sayur dan bumbu opsional). 
  2. Panaskan pan teflon masak telur di atas pan teflon, lipat dan sisihkan.
  3. Parut Kraft Cheddar Mini di atas pan teflon kering, kemudian letakkan omelette di atasnya, masak dengan api sedang selama 2 menit. 
  4. Angkat dengan spatula sambil dibentuk crown hingga keju kaku. 
  5. Sajikan. 
Supaya lebih jelas, lihat referensi video cara praktis memasak di atas. 

Reaksi Anak dan Lembar Fakta

Beruntung banget, keju Kraft Cheddar ini merupakan keju yang gampang ditemukan di tempatku. Apalagi keju Kraft Cheddar dengan kemasan mini/renceng 30 gram sudah mulai dijual di warung-warung. Membuatku lebih mudah dalam mendapatkan bahan baku. Seirama dengan telur, mudah banget diperoleh.

Reaksi Anak-anak Terhadap Kraft Crolette

Bagi anak-anakku telur dan keju adalah makanan favorit mereka. Keduanya merupakan bahan makanan penyumbang kalsium dan protein bagi tumbuh kembang anak-anakku selama ini. Kebetulan Mbak Vanya tidak suka susu, tetapi suka keju.

"Gimana tadi rasa Kraft Crolettenya Mbak?"
"Enak Ma, masakan Mama emang selalu enak. Besok bikinin lagi ya! "
"Oke, kapan-kapan kita bikin lagi, jangan besok. Besoknya lagi. Hehe ...."

Menu Kraft Crolette ini sepertinya akan menjadi menu andalan keluarga, sudah mendapat persetujuan indera pencecap anak-anak. Terlebih di tengah harga minyak yang melambung. Sebagai ibu bijak dengan perekonomian keluarga, tentu ini menjadi sebuah solusi kecil. 

Lembar Fakta Kraft Crolette

Tak hanya enak di lidah saja, menu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh di saat bulan puasa. Kandungan Kraft Crolette yang tinggi protein dan kalsium. Serta gurih dan lezatnya dari keju asli menjadi kegemaran anak-anak. 

Perlu ibu tahu 1 menu Crolette memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. 
Cocok sekali dikonsumsi saat berbuka puasa karena protein dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang. 

 Menurutku, ini merupakan solusi yang melegakan. Anak-anak saat buka dan sahur cenderung tidak bisa memakan banyak makanan. Kadang aku takut mengajarinya berpuasa sejak dini akan membuatnya sakit. 

Tentunya semua kekhawatiran itu bisa kita hilangkan dengan memberi anak-anak nutrisi yang cukup. Lega bukan jika menu praktis ini ternyata bisa membantu anak untuk kenyang lebih lama.

Alhamdulillah, ketemu menu praktis untuk berbuka dan sahur. Menu ini juga direkomendasikan untuk sahur. Jangan sampai bangun kesiangan saat sahur.

Kalau Ibu kesiangan tak perlu khawatir, anak-anak akan tetap mendapatkan gizi terbaik. Yuk stok Kraft Cheddar yang banyak di rumah, jangan lupa coba Kraft Crolette, kreasi menu buka puasa praktis irit minyak ini. Lalu ceritakan di kolom komentar ya Bu. 

Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

50 komentar

  1. Pas banget yaa, dengan keju kraft ini bisa banget bikin hidangan kesukaan anak-anak plus irit minyak pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, anak-anak suka makanan yang bergizi itu buat emak sepertiku sudah alhamdulillah banget.

      Hapus
  2. Keju craft crolette memang pas dibuat sajian kuliner menjelang dan sahur agar gizi meningkat

    BalasHapus
  3. Harga minyak lagi mahal bangeett
    so, dgn resep ini, Bunda jadi bs tersenyum bahagiaaa
    menu niqmat dgn budget hemaattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alokasikan uang beli minyak untuk beli keju Kraft Cheddar. Cara cerdas emak diuji di sini

      Hapus
  4. AH iya betul ... crolette ini irit minyak ya. Saya juga sudah cobain, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, jadi kan bisa ttp menyajikan menu enak dan bergizi

      Hapus
  5. Bikinnya susah ga sih? Kayaknya enak gurih gitu. Tapi karena dadar, kebayangnya dimakan ama nasi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kata ibuku, "jangan bilang susah, nanti susah beneran."

      Nggak susah Mbak, ikuti tips sukses yang di atas, selamat mencoba, semoga berhasil

      Hapus
  6. Emang apa pun bahan makanannya, kalo udah bersanding sama keju, udahlah tuu, auto ludes 😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah ... kan berarti solusi yang solutif yes!

      Capcus cobain dan jadi deh blogpost baru

      Hapus
  7. menarik nih resepnya, crown omelette, bahannya juga gampang di peroleh, cuma teknik membuatnya harus hati-hati ya, agak mahkotanya jadi bagus.

    BalasHapus
  8. Kraft emang enak banget yah, gurih lho crown nya. Apalagi kriuk-kriuk juga. Anak-anak aja sampe rebutan kok makannya.

    BalasHapus
  9. Kemarin baru bikin percobaannya aja, belum bikin yang buat tulisan dan video
    Memang perpaduan keju apapun bikin ga bisa untuk dilewatkan

    BalasHapus
  10. Kraft Crowlette berasal dari kata crown dan omelette yah,, hmm boleh juga nih buat alternatif bukaan anak2, pasti pada suka, memasuki hari ke-10 puasa Ramadan, bosen juga ayam goreng, ikan, daging, pingin variasi ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. IyaMbak, selamatmencoba ya. Semoga anak-anak suka.

      Hapus
  11. Wah, Crolette...bisa jadi ide buat buka puasa besok nih, pas punya bahannya. Keju KRAFT memang ya, kualitasnya bermutu, pas buat sajian sehat keluarga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaaaskeun, tartulis juga ya ceritanya biaraku mampir ke blog-mu

      Hapus
  12. Wah bentuknya cantik banget ini mba, ada videonya lagi. Jadi pengen ikutan buat nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mbakbuat, tenang Ramadan masih lama, masih ada kesempatan untuk bikin yang praktis-praktis.

      Hapus
  13. sama seperti anak-anak sy mbak, mereka suka banget keju dan telur, bisa lahap gitu makannya, menyenangkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mood boaster banget bagi emaknya. Kalau udah capek-caprk masak trus nggak disentuh, suedih. Kanmesti masak menubeda lagi biar mereka mau makan.

      Hapus
  14. Wah, iya banget nih..
    Kraft Crolette ini dari segi tampilan menarik, dari segi kecukupan nutrisi juga bagus sekali. Anak-anak dijamin nambah-nambah yaa..
    Lebih nyaman menggunakan Kraft Cheddar Mini yah..? Cusss, cobain resepnya aah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuus ke dapurcoba bikin. Semoga anak-anak suka.

      Hapus
  15. wah asyik banget ya bisa bikin kayak gini jadi anak2 lebh suka danlagi emangbener sih saat inibelum bisa membiasakn langsung anak2 untuk rebusan dan kukusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, berdasarkan prngalaman ptibadi. Bahwasemua masakan yang sering di masak adalah yang sehat, bergizidan digemari anak-anak. Tebus kukus itu nanti aja butuh effort yang nggak dikejar imsyak.

      Hapus
  16. Enyak...enyak...enyak ..jngnkan anak2 ibunya juga suka banget, klo ada sisa trus digoreng lgi jd tambah enak, kejunya tambah kranci. Thankyou for sharing, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ... Enakya emang. Kraft juara di lidah baru turun ke hati

      Hapus
  17. Kraft crolette ini menunya rada-rada ala chef gitu ya. Mungkin karena bentuk mahkotanya yang unik. Jadi lebih seru pas makan dan bikinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Kek di restoran yang ada di drakor2 ya

      Hapus
  18. Benar-benar recommended deh menu happening satu ini

    BalasHapus
  19. Keju craft ini memang lejen ya. Rasanya enak dibanding yang lain

    BalasHapus
  20. Kalau berhubungan denagn perminyakan, langsung gasken deh. Dari praktik memasak kemarin, anak yang justru semangat untuk nyemil kejunya.

    KRAFT memang gurih. Untuk crown, saya pikir sulit. eh, nyatanya mudah ya.

    BalasHapus
  21. Keju kraft ni enak banget dan juarak lah di dunia perkejuan Indonesia. Mau dibikin kreasi apapun enak, salah satunya crolette ini. Saya juga udah recook dan suka banget, gampang bikinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyamu lebih keren lagi crown-nya aku dah ngintip juga barusan.

      Hapus
  22. Cakep nih crolettenya. Saya bbrp kali nyoba selalu gagal hehee... ntar sore sy coba lagi deh. Tp enak sih hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangaat, sebetulnya bentuk nomer kesekian yang penting ludes. Ya nggak sih?

      Hapus
  23. Bikin ngiler ih mbak sukma ini. Pengen ikutan jadinya ngerecook menu Kraft Crolette ini juga. Pasti anak-anak bakalan suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus tinggal ke dapur, pastinya udah nyetok keju kan?

      Hapus
  24. menunya praktis banget dan juga bergizi ya, mbak. kalau buat anak-anak ini pasti menarik banget menunya karena ada kejunya

    BalasHapus
  25. Penasaran pengen coba bikin aq kak, kayaknya gampang banget dan kebetulan anakq suka banget makanan olahan keju

    BalasHapus
  26. Siang-siang begini bacanya langsung mau eksekusi euy. Pasti nambah gurih ya jadinya kalau masak pakai keju Kraft

    BalasHapus

Posting Komentar