BLANTERORBITv102

    Nama Blog Lantana Ungu

    Minggu, 25 November 2018


     Kenapa pilih nama Lantana Ungu sih? Bukankah Lantana itu sejenis rumput liar ya? 

      Jadi gini, dulu sekali sekitar 17 tahun yang lalu, tepatnya ketika saya masih duduk di kelas 2 , STM. Itu sudah ingin sekali jadi penulis. Nah dari situ mulai mikir nih, kalau nanti beneran jadi penulis maulah punya nama pena, seperti Pipit Senja, Asma' Nadia, Banyu Biru dan beberapa penulis keren dari FLP lainnya.

      Awal mula kenal Lantana itu waktu kelas 3, suka bantuin anak Agronomi bikin polybag tanaman hias. Salah satunya yang ditanam itu ya si Lantana ini. Lantana ini sejenis rumput liar yang mulai dibudidayakan untuk tanaman hias dan juga tanaman obat. Bunganya kecil-kecil dan memiliki beberapa varian warna yaitu kuning, merah jambu, putih, oranye dan juga ungu.

      Di batang dan daunnya ditumbuhi bulu-bulu kecil dan ketika daunnya diremas akan mengeluarkan bau khas. Tanaman ini oleh orang jawa disebut bunga Tembelek. Ketika bunga berguguran tumbuh buah berwarna hijau yang ketika buah tua berubah warna menjadi hitam.

      Mulai jatuh hati deh dengan yang namanya Lantana. Mulai sering menggunakan nama Lantana untuk puisi dan cerpen yang saya buat untuk mading dan coretan-coretan lainnya. Dan akhirnya dikasih akhiran ungu, karena menurut saya Lantana yang berwarna ungu lebih bagus.

      Saya menyimpulkan bahwa Lantana Ungu itu adalah tanaman sejenis rumput liar yang mempunyai bunga yang bagus apalagi jika mekar bersamaan. Memiliki alat pertahanan dari serangan predator dari bulu-bulu yang tumbuh dibatang dan daun serta aroma khasnya. Serta baik dari akar, daun, batang, bunga dan buahnya memiliki khasiat untuk pengobatan berbagai macam penyakit, secara herbal.

      Dari nama itu ingin juga diri saya pribadi bisa berguna seperti halnya Lantana. Bisa menebar kebaikan seperti itu. Meskipun sampai saat ini Lantana belum populer sebagai tanaman obat.

    "Bukankan nama adalah do'a. Saya berharap jika blog ini memberi manfaat bagi para pembacanya."

      Keinginan menjadi penulis itu tidak dibarengi dengan usaha yang maksimal. Karena merasa kurang percaya diri dan sering tidak bisa meluangkan waktu untuk menulis. Tetapi sejatinya menulis adalah salah satu hobby yang saya sukai.

      Tahun 2010, saya mulai ngeblog pakai ponsel. Jaman itu ada blog ponsel yang mendukung blogger yang punya telepon genggam abal-abal. Sudah mulai rutin nulis tetapi sayang founder blog tersebut menutup blognya sehingga saya tidak bisa eksis menulis lagi.

      Di tahun 2011 saya merasa harus punya blog lain lagi, dan saya buat platform blog dengan nama Lantana Ungu ini. Tapi waktu itu belum pernah post tulisan. Baru di tahun 2017, ketika masuk ke Club Writing di salah satu komunitas, ada materi tentang blogging. Dari situlah blog ini bertumbuh. Meskipun sudah sejak 2011, tapi masih bayi banget ini blog.

      Yang punya blog masih sering blog walking buat nambah ilmu demi menjadi penulis blog yang disukai dan tidak membosankan. Blognya juga masih yang gratisan, InshaAllah ke depannya ketika sudah mulai bisa rutin nge-blog mau dibikin jadi www.lantanaungu.com aamiin.

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com

    1. Ooh seperti itu ternyata historynya....terus semangat menulis ya bun...best regard EUReeK@ :-)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iyuup...terima kasih kunjungannya dan tetap semangaaat. 😍😍😍

        Hapus
    2. Keereeeen.... Semangat!!! Berbagi buat sesama

      BalasHapus