BLANTERORBITv102

    5 Barang Yang Selalu Ada Di Tas

    Jumat, 30 November 2018
      Sebenarnya saya ini termasuk sosok yang simple. Tidak suka membawa tas kemana-mana. Tapi semenjak memiliki anak, apalagi dua krucil ini mendadak jadi rajin bawa tas kalau pergi kemana-mana. Apa saja yang dibawa di tas, mau tau? Mau tau aja apa mau tahu banget? Haha...ga mau tahu juga tetep saya kasih tahu bukan tempe.


      Jadi inilah barang-barang yang menjadi wajib dibawa ketika bepergian bersama si kecil.

    1. Air Minum

      Anak kecil itu tidak samalah dengan kita orang tua. Di manapun ketika ingin minum ya harus ada air minum. Misalkan ketika di perjalanan, jika kita membawa air minum. Maka tidak perlu berhenti untuk membeli air minum. Apalagi kalau kita sedang naik KRL, kan sudah tidak ada pedagang asongan yang boleh masuk. Sekalian belajar minim sampah, membawa air minum dengan kemasan yang tidak sekali pakai buang.

    2. Camilan atau Snack

      Selalu ada Camilan, demi kelancaran traveling bersama krucil. Untuk menghilangkan bosennya ketika diperjalanan, emak selalu menawarkan camilan. Biasanya sih laris manis sebelum mereka tertidur pulas. Kalau terlupa tidak menyiapkan, bisa jadi kerepotan sendiri. Anak-anak kalau lagi merajuk kan bikin mood kita juga rusak. Jadi memang beneran harus ada ini.

    3. Baju Ganti

      Dulu awal-awal punya krucil Ibu saya yang selalu mengingatkan untuk bawa baju ganti. Karena yang namanya anak-anak, suka usil, kemungkinan terjadi bisa menumpahkan makanan or minuman ke baju, keringatan, baju kotor karena bermain. Atau kemungkinan yang jarang terjadi sih, kesulitan menemukan toilet sehingga anak tak sengaja pipis di celana karena keasikan main juga. Kalau musti beli baju kan kadang kita tidak sedang berlokasi di dekat penjual pakaian.

    4. Mainan Anak

      Ketika para ibu milenial merasa aman ketika sudah membawakan gadget (tablet or smarthpone) untuk anak ketika bepergian. Emak selalu menyiapkan mainan juga untuk anak biar tidak boring. Karena jam pakai gadget itu bagi kami dibatasi dan kami juga tidak mengijinkan anak bermain gadget ketika di ruang publik. Berharap agar mainan itu bisa dimainkan bersama teman baru yang diperolehnya ketika dalam perjalanan. Mainan pun yang simple tapi sedang disukai anak.

      Atau untuk mba Vanya, mama mulai bawakan bussy bag ala emak. Disesuaikan dengan minat anak pada saat itu.

    5. Smartphone dan juga dompet.

      Kedua item ini tidak kalah penting peranannya. Karena jaman now semua serba ada di aplikasi, baik itu petunjuk jalan, makanan enak tapi ekonomis di daerah tujuan, juga aplikasi ojeg online bila dibutuhkan. Tentunya untuk berkabar dengan kerabat yang akan kita temui. Dan untuk mengabadikan moment, dengan berfoto-foto.

      Dompet berisi uang tunai secukupnya, kartu ATM dan juga KTP. Itu yang paling penting, bagi keselamatan saya.

      Karena emak-emak mode on jadi lah bawaannya segambreng. Kalau kata paksu (pak suami) suka dibilang, kita itu cuma mau anter anak lomba udah kaya mau kamping. Hahaha

      Paksu tidak tahu bahwa ancaman terjadi kapan saja dan dimana saja yes. Apalagi anak ketika merajuk, emak juga harus sudah siap persenjataan. Kalau kata orang dulu, sedia payung sebelum hujan. Itu selalu pas di terapkan dalam suasana apapun.

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com