Bangga Menjadi Narablog di Era Digital

Assalamu'alaikum kawan 😂,

 Tahun 2018 sudah berakhir, menyisakan banyak kenangan dan duka mendalam, dengan berbagai musibah yang terjadi di beberapa bagian negeri tercinta, Indonesia. Namun tak mengurangi semangat literasi kita, untuk tetap berkarya. Mari kita selipkan do'a untuk korban Tsunami Selat Sunda, yang belum lama terjadi, serta korban bencana yang lain. Semoga ujian ini menguatkan mereka.

 Sebagai narablog yang masih amatiran ini, mari kita songsong tahun 2019. Dengan saling menularkan semangat mengasuh blog dengan lebih baik lagi. Baik, sampai disini adakah yang bingung dengan istilah narablog?

Apa itu narablog?

 Narablog adalah seseorang yang membuat atau memelihara blog. Diadopsi dari kata blogger. Sedangkan blog itu sendiri adalah situs web yang berisi deskripsi suatu berita atau acara, dengan ditambahkan gambar serta video sebagai pendukung. Biasanya yang ditampilkan terlebih dahulu adalah hasil karya terbaru. Dan untuk mengaksesnya dibutuhkan jejaring; jaringan ; atau internet.


Apa sih manfaat menjadi narablog itu bagimu? Lantas membuatmu bangga melakoninya?
 Pertanyaan yang bagus, jadi untuk menjaga agar tetep rajin ngasuh blog yang kita kelola, memang kita harus tahu manfaat blog bagi diri sendiri. Jangan lama-lama berbasa-basi, langsung ya ke point dibawah ini.

  • Promosi Diri Sendiri (Personal Branding)
 Bagi sebagian orang personal branding ini sangat penting. Yang dimaksud dengan personal branding adalah bagaimana kita membangun image tentang diri sendiri, apa label yang akan kita lekatkan pada pribadi kita. Tentunya kita harus paham terlebih dahulu siapa diri kita, dan bagaimana kita akan melabelkan suatu predikat. Sebagai contoh, kita ingin dijuluki sebagai ahli kerajinan tangan, berarti yang tema yang diangkat tentang kerajinan, dan sebagainya.


  • Memberi Sesuatu kepada Orang Banyak
 Sesuatu disini biasanya adalah ilmu. Berupa cara-cara mengatasi berbagai masalah atau panduan. Terkadang berbagi pengalaman, yang itu berarti sangat berharga bukan? 

 Terkadang orang perlu bersusah payah untuk melakukan trial and error tapi karena sudah membaca dari pengalaman yang kita tulis, bisa menjadi titik terang bagi beberapa orang yang masih meraba-raba arah ataupun hasil. Dalam Islam juga dianjurkan agar kita tidak pelit ilmu, membagikan walau hanya satu ayat.

Bukan sekedar membanggakan kalau menurut saya pribadi, tapi bisa dijadikan investasi akhirat, apabila yang kita bagikan memberi manfaat bagi banyak orang.



  • Menjadi Inspirator atau Penghibur
 Bisa banget lho, dengan kita ngeblog, orang jadi terinspirasi untuk ikutan ngeblog. Berbagi pengalaman yang dimilikinya, ketika merasakan dirinya mendapatkan manfaat dari blog yang dibaca olehnya.

 Setiap orang memiliki pengalaman berharga dan bisa juga menjadi sumber inspirasi. Bisa juga sebagai penghibur, ternyata bukan dirinya seorang yang mengalami masalah. Ada beberapa orang yang berjuang dengan masalah yang sama seperti yang sedang dihadapi.

 Membuat orang lain merasa tidak sendirian dalam berjuang, bukankah itu menyenangkan?

  • Menjaga Kesehatan
 Karena menulis bisa digunakan sebagai terapi penyembuhan. Jadi menulis bisa dijadikan sebagai pilihan untuk tetap sehat. Ada beberapa kondisi yang ternyata disarankan oleh psikolog ataupun dokter agar menggunakan metode self healing.

 Woooaaah!!! Ternyata menulis banyak manfaatnya ya. E...tapi kalau terapi untuk menyembuhkan trauma biasanya nulis di kertas lalu disobek-sobek. Tapi bisa juga sih ya, menulis hal-hal yang membahagiakan agar kita bisa bersyukur atas nikmat sekecil apapun. Dan menulis juga bisa digunakan untuk menghindari kepikunan.

 Kalau saya pribadi, menulis itu sesuatu yang menyenangkan, mendatangkan kebahagiaan. Jadi kalau hati bahagia, pikiran tenang, InshaAllah akan terhindar dari berbagai penyakit yang bersumber dari hati.

  • Mendapatkan Bonus Income
 Ketika hobi menjadi profesi bukankan income yang diperoleh merupakan bonus. Nah disini saya masih belum bisa memberikan contohnya, karena saya masih blogger pemula yang masih harus banyak belajar dari 'suhu' blogger yang sudah profesional.

 Hebatnya mereka tidak perlu berpanas-panasan, bermacet-macetan bisa menghasilkan uang hanya dengan menulis blog di rumah.

 Yang pasti, untuk menjadi seperti mereka diperlukan keuletan atau konsistensi tinggi dan belajar lagi dan lagi.

  • Menambah Wawasan dan Teman
 Ketika kita menjadi blogger, biasanya kita akan lebih sering blog walking. Karena kebutuhan untuk mendapatkan topik yang bagus yang terkadang sudah ada ide namun bingung menuangkan ide ke dalam tulisan. Serta memperbaharui ilmu, agar blog semakin ciamik dan menarik minat pembacanya. Dengan begitu akan menambah wawasan bukan?

  Asiknya lagi, kita akan mempunyai banyak teman, teman sesama narablog yang membuat kita semakin semangat menjadi narablog.

 Dari enam manfaat ngeblog diatas, sudah membuat saya bangga menjadi salah satu narablog di Indonesia.

Resolusi 2019

 Resolusi sederhana di tahun 2019 ini, selain ingin menjadi narablog profesional juga ingin kembali membuat buku antalogi kedua, setelah buku pertama di tahun 2011. Semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih mensupport hobi menulis. Semua aral menjauh dan berganti menjadi dukungan untuk kembali rajin menulis. Berkarya demi mengabadikan nama.

 Nah jadi gimana guys?! Sudah siap untuk ikutan ngeblog? Ayo buat blogmu sendiri sekarang juga!

 Sebagai amunisi ayo ikutan  Kompetisi Blog Nodi dibawah ini sama seperti saya.



Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar