BLANTERORBITv102

    Liburan Akhir Tahun

    Sabtu, 13 Januari 2018
     Tadinya saya mau kasih judul "Liburan Asyik Keluarga Joker". Seru nggak ya liburan akhir tahun Keluarga Joker ini? 

     Liburan sekolah yang juga berarti liburan akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018, tepatnya tanggal 8 januari. Jika semua rencana yang kita agendakan berjalan lancar maka kita berliburnya selama satu tahun yakan para bunda.

     Rencana yang paling utama adalah pulang kampung ke DIY, bagian kabupaten Kulon Progo, karena dapat kabar gembira Adik yang melahirkan.

    Selain itu karena dua kali lebaran tidak ada kesempatan sungkem sama Bapak (kandung) jadi emak ini kangennya sudah membuncah. Niat hati juga ingin ke Temanggung ke rumah Ibu (kandung)  karena tahun kemaren lebaran kita hanya di Pati, di tempat Ibu (Mertua). 
    Sindoro di ambil dari desa tetangga, Temanggung. 

     Mbak Vanya sudah sangat ingin ketemu dek Dzaky saudara sepupunya yang baru saja punya adek dan dek Khadija yang masih baby itu. Dek aida juga "mama mana bayi." begitu ngungkapinnya karena udah liat foto Khadija di hape. Mbak Vanya juga gak sabar mau maem tongseng bikinan Uti dan berkebun bersama Uti yang di Temanggung. Setiap hari sudah nuansa liburan aja. Yang jadi topik hangatnya mbak Vanya ya keluarga tercinta di kampung. Mau beliin Uti sepatu lah, mau beliin baju adek bayilah. Segala macem udah langsung berentetan di imajinasi mbak. Seakan ruhnya udah nyampe di sono duluan.

     Dalam benak sudah mulai menyusun destinasi wisata yang akan disinggahi, biar semakin WOW kan ya liburannya. Yang ingin sekali disinggahi adalah Puncak Kleco di Samigaluh, Kulon Progo,  Yogyakarta. Karena kalau Destinasi Wisata Puncak Gunung di Desa Wisata Ngargosari sudah beberapa kali kesana, meskipun saya yakin sudah jadi lebih indah dari yang terakhir kami kesana, karena kemaren masih banyak dilakukan pekerjaan seperti pembuatan menara pandang tambahan dan masih banyak lagi lainnya.

     Kenapa ingin sekali ke Puncak Kleco, karena pingin lihat langsung yang udah mama liat di Ig bude Win. Budenya Vanya yang orangnya multitasking kalo kata emaknya Vanya. Pinter nari dan juga nyanyi, guru PAUD pula. Hihihi dan penting Bude bilang bakal anterin kesono kalo kita pulang kampung. "Ayo, kapan muleh kampung tak terke ning Kleco." Pegunungan menoreh termasuk ciptaanNya yang sangat mempesonaaaah. Tidak hanya Halmahera saja yang penuh pesona, saya menemukan pemandangan perbukitan yang sangat menawan di beberapa spot wisata Samigaluh. Ada juga Goa Sriti dan diperbatasan Purworejo itu, sepertinya sih masuk purworejo ya, ada Goa Kiskendo. Jalan menuju kesana memicu adrenalin, kiri kanannya jurang, musti hati-hati yang belum mahir bonceng saja ya.

     Dan kalau di Puncak Kleco ini juga ada menara pandang, seperti di Desa Wisata Nglinggo, Wisata yang dilengkapi menara pandang yang pertama di daerah Samigaluh ini ada di Puncak Suroloyo, kalau pas bulan Suro banyak pagelaran budaya dan ritual dari Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat. Eh mbeleber kemana-mana ya ceritanya. Nah kalo di Puncak kleco ini selain disuguhkan keindahan daerah perbukitan, yang sejauh mata memandang adalah hijau dan biru yang "bah" sangat memanjakan panca indera. Hihihi...


     Lalu ketika di Temanggung kota penghasil Tembakau dan kopi Java Arabica yang enak itu. Inilah mengapa bagi saya kopi adalah minuman yang paling enak didunia, apalagi diminumnya didepan tungku, pagi2, sambil ditemani Sawut dan Jadah bakar. Karena di sinilah saya dilahirkan dan mengenal kopi racikan nenek.  Kalau sampai di Temanggung, nanti Emak ingin sekali bertemu dengan beberapa kawan SMP yang sudah puluhan tahun tidak bersua. Sambil melihat peninggalan jaman purbakala yang ditemukan di kampung teman saya. Situs Purbakala di Desa Liyangan, Purbosari, Ngadirejo, Temanggung.


     Konon kabarnya sedang dilakukan penggalian karena ditemukan sisa-sisa peradaban jaman kuno. Tidak hanya situs candi saja yang ditemukan,  yang ingin saya tekankan disini adalah ternyata peradaban leluhur kita telah mengetahui sistem pertanian yang sangat bagus. Dan ini bagi saya pribadi adalah sesuatu yang membanggakan, dan berharap saya pribadi bisa mencetak generasi yang arif terhadap peradaban dan tidak berbuat kerusakan. Aamiin Allah huma Aamiin.

     Yang tidak kalah menariknya, teman saya itu sudah wanti-wanti kalo saya pulang kampung harus mampir, mau dimasakin nasi jagung katanya, sama Urap dan ikan asin bakar. Udah ngiler duluan saya mah. 😋😋


     Dari sana nanti kita akan sama-sama pergi menuju Wapit. Apa itu wapit,  Wisata Alam Jumprit, dulu jaman saya, disana banyak Kera yang konon itu jelmaan manusia yang ikut pesugihan. Desas-desus sih, dan buat saya mah yang terpenting gausah jauh-jauh ke bonbin buat lihat kera, udah gitu aja. Jaman STM dulu pernah juga Rihlah disini sama Ukhti-ukhti hijaber. Dibawah pohon pinus.

     Kalo sekarang pastinya lebih gak mau pulang lagi karena sudah dibangun berbagai macam outbond seru, saya yakin mbak Vanya dan dek Aida pasti betah berlama-lama disana. Karena keduanya kinestetik yang gak bisa banget diem. Bawa camilan yang banyak karena ada flying foxnya juga. Wanna to try. Jiwa petualangnya berkobar lagi, wanita tangguh penakhluk Sindoro-Sumbing, pecinta alam, demen sama climbing, itu saya jaman muda. Berikut penampakan wapit khususnya di area flying fox


     Tapi perlu diingat bahwa ada penentu dari setiap rencana yang kita buat. Karena hidup ini adalah atas scenario Allah yang maha Agung. Mari kita lanjutkan dengan kisah liburan kami yang sesungguhnya. Rencana kami memang indah ya, apalagi berkelilingnya disertai Ibu dan adek bontot mumpung liburan dirumah, biasanya nyantri di PonPes Ibnul Qoyyim Bantul. Daan ketika rencana sudah tersusun rapi maka hal yang perlu diingat adalah firman Allah SWT :

    وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
    "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. " (QS. Al-Baqarah : 216).

     Itu muqodimmah dari Liburan Asyik Keluarga Joker (Joko Keren).  Serumah terserang sakit semua, berawal dari mbak Vanya yang udah mulai batuk pilek sebelum terima rapot. Dan kali ini batuk pileknya disertai dengan penyumbatan di telinga tengah yang potensi mengakibatkan infeksi telinga. Ini awal yang indah kan ya, karena mbak Vanya sangat kesakitan, tidak bisa tidur,  menjerit-jerit ketika tertidur pulas, tidak mau makan dan juga demam tinggi. Awalnya mau bawa adek berobat, jadinya mbak Vanya yang pergi ke dokter THT. Cerita lengkapnya sudah Emak rangkum di link dibawah ya.


     Sebagai hamba kita boleh berencana dan tuhan yang menentukan

     Finally Emakpun ikut tepar, terkapar disamping anak-anak yg masih pada sakit. Sebenernya kalau sakit anak masih suka aktif ini itu tapi karena bujuk rayu emak dan tidak ada pilihan lain maka mereka menurut. Tergoler berjajar dikasur layaknya ikan asin yg lg dijemur apa pindang ya. Ini awal liburan kami, Abi juga terpapar tapi langsung minum vitamin dan masih tetap bekerja.

     Recovery kami ngublek aja di rumah, mama siapin beberapa kegiatan buat mbak dan adik. Kali ini lebih banyak kegiatan sains, sesekali mewarnai, mengenalkan ke mbak Vanya pecahan dengan kepingan pizza mainannya, mengajari dek Aida tentang warna-warna. Yang dek Aida paham baru warna Hijau. Hafalan juga gak ketinggalan. Kegiatan sains yang dilakukan selama liburan juga sudah mama rangkum dalam artikel dibawah ini.


     Pas udah benar-benar fit ketiga-tiganya, baru emak ijinin main keluar. Tapi gak boleh lama mainnya karena kerjaan emak dirumah segambreng, kemaren yg dikerjakan yg utama aja. Maksudnya cucian menggunung, fokusnya ngabisin baju yang ada dilemari dulu dengan semboyan "selama masih ada yang bersih jangan maksain diri."  Totalitas pada istirahat biar cepat pulih.

     O iya, habis itu di posyandu ada Vaksinasi Difterri, dek Aida dan mbak dapet undangannya. Kami berangkat kesana sembari menghirup udara luar setelah sekian lama berkutat di dapur yang nyambung ama ruang maen, kamar tidur lalu kamar kecil. Akhirnya Vanya n the Genk Juara keluar rumah. Ketemu sama tukang Nenas, kita beli. Ketemu tukang mainan beli juga. Sambil nylimur yang mau disuntik. Pas nyampe posyandu Syok, mbak Vanya tau-tau mau disuntik. Langsung stress ditempat, pobia dia.

     Kalo dek Aida slow ajalah disuntik cuman bilang ih-ih sambil tangan mau ngeraih suntikan gak boleh disuntik. Kelar itu diem gak nangis. Baru pas sampe rumah nangis mulu karena bekas suntikannya berasa nyeri, agak bengkak dan panas. Tapi bidan posyandunya tadi sudah cakap banyak memgenai hal ini, jadi emak langsung kasih Paracetamol aja.

     Nah kalau mbak Vanya, histeris dia, bilang "jangan sekarang, nanti aja, gendong mama,  pangku ya mak,"  selebihnya nangis dan meronta-ronta, gak peduli teman sekolah yg jauh lebih muda ada diantrian dan bilang, "Vanya jangan takut, ga usah nangis, Lala aja gak nangis kok, kan gak sakit."  Udah gak dengerin sama sekali. Nangis kejer tapi trus udah kok pas udah selesai. Akhirnya ngadem di serambi masjid sambil maem jajan kue lala-laba namanya.


     Liburan berikutnya keluar kandang, ngeriung bareng ibu-ibu di sini. Kebetulan ada yang ajakin bikin cilok. Kebetulan yang berharga, dapet ilmu kan jadinya mama. Next time bisa bikin bareng mbak dan Adek, buat practical life skill memasak. Pasti akan seru. Nah ini suasana kami saat bersama-sama membuat cilok. Menyaksikan mulai dari membuat adonan dan membantu pada bagian membentuk dan mengisi adonan saja.


     Mbak Vanya mulai gusar waktu menjelang tahun baru kita masih di rumah, bukannya prepare pulang kampung. Terlebih dua hari main ini mbak vanya dapet sounding tentang perayaan tahun baru. Yang katanya asyik dan rame. Ya emang iya, tapi mama gak bermaksud kasih tau karena belum tentu bisa menyaksikan. Abinya agak gimana disangka Emak yang kasih tau. Dulu waktu di Samigaluh depan rumah malah, tempat nyalain kembang api, nonton ya nonton aja, karena gak bisa tidur kan ratusan kembang api dan mercon dar der dor.

     Akhirnya kita pergi ke Zona main game terdekat. Main beberapa game, berakhir di mandi bola. Manjat-manjat,  ini aktifitas fovorit keduanya. Emak hanya mantau dari luar, karena yakin dek Aida sudah bisa sendiri dan emak mau tahu seberapa care-nya mbak terhadap adiknya. Tapi diluar rencana, ada seorang anak laki2 yang menyeret dan mendorong adek Aida pas di perosotan. Beruntung dek Aida mahir ngerem, dan tidak terjadi cidera. Mbak Vanya terlihat marah sama anak itu. Mama dari jauh teriak kenceng tuh, "Anak siapa itu?!" Dan akhirnya dek Aida nangis gak mau main lagi. Kesempatan mbak Vanya buat main sepuasnya gak sambil jagain adek.

     Pada akhirnya libur akhir tahun abi (yang cuma 2 hati itu)  habis tuntas dengan bermain bersama di rumah. Enggak asyik-asyik makan angin seperti Ehsan, kita di rumah aje, di kampung Durian Runtuh bareng Upin-Ipin dan Mail.

     Dan sebagai penutup liburan, pada hari Kamis, 4 Januari 2018 Emak terguyur air panas, hari Jum'at dapet kabar dari kampung, bapak (kandung) nabrak anak tetangga, bapak sakit kaki kiri. Dan masih bersambung hari Sabtunya, saat Emak mau tanya, "Besok Abi lembur?"  Malah dapet kabar Abi jatuh dari motor ngindari orang nyebrang yg udah maju tetiba mundur lagi. Dan lecet lutut kirinya. Ugh banget ya... Syafakallah bapak, abi. Dan saya tadinya macam rembo gak berasa sakit jalan mondar-mandir ngikutin adek main. Akhirnya bet rest, ngesot, meringis dan segala upaya biar lekas pulih.

     Masak,  mandi, cu-pir, toilet activity, mandiin anak, ambil nasi n nyuapin sambil ngesot dan meringis. Coba untuk berdiri dua kaki itu tetiba kerongkongan kering kaya gak minum setaun dan air mata tercekat. Bilang aduh juga fals, yaudahlah... Emak istighfar saja, semoga terhapus dosa-dosa. Aamiin. "Beruntung liburan ini tidak kemana-mana, gimana rasanya kalo kesiram air panas disana, bagaimana rasanya membawa kaki terluka ini dalam perjalanan pulang. "
    Qodarullah hingga liburan sekolah anak berakhir.  Emak dan Abi justru memulai liburan dari aktivitas rutin. Beginilah liburan asyik keluarga Joker. Sebenarnya tidak asyik untuk diceritakan.  Terima kasih sudah bersedia membaca. Lalu bagaimana liburan versi kalian?  ceritakan dong!!!

    Konten blog ini diikut-sertakan dalam lomba "Mini Blog Competition" oleh Hijrah Parenting Islamic

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com

    1. MasyaAllah seru kali liburannya Bundaaaa...aku sampe ngebayangi adegan minum kopi di depan tungku itu. Aku seolah berada disana ^^

      BalasHapus
      Balasan
      1. Alhamdulillah bunda Nufa Zee, kalo di Temanggung dingin sekali, jadi pagi-pagi paling enak didepan tungku sambil bercerita ngalor-ngidul.

        Hapus

    2. Ijin promo yah gan...Mari Bergabung Dengan Website itudewa Situs judi online yang memberikan BONUS DEPOSIT NEW MEMBER 10% Untuk Semua Member BARU SETIAP HARINYA. MINIMAL Deposit Rp.25.000 dan Withdraw Rp.50.000

      -Bonus referral sebesar 20% seumur hidup
      -Bonus Ajak Teman Kamu Bermain Refferensi S/D 100ribu
      -Bonus GEBYAR TURNOVER TERBANYAK MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 50JT
      -Bonus Rollingan 0,3
      -Bonus New Member 10%

      Akses ke 7 Game Hanya dengan 1 ID
      Tunggu apalagi ayo segera GABUNG di ITUDEWA
      BUKTI PEMENANG PROMO GEBYAR ITUDEWA : KLIK DISINI
      DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR ITUDEWA

      HubungiKontak Kami :
      Line : ituDewa
      WhatsApp : +85561809401
      WeChat : OfficialituDewa

      BalasHapus