Ndas Borok Jajan Pasar Khas Temanggung

Ndas  Borok Jajan Pasar Khas Temangung

Saat itu ada tantangan untuk membuat jajan pasar yang merupakan makanan khas dari tempat asal atau tempat tinggal. Jajan pasar bernama Ndas Borok ini makanan yang terbuat dari singkong. Cara pembuatan Ndas Borok jajan pasar khas Temanggung ini juga simpel.

Di Temanggung, selain makanan ini, ada makanan lain juga yang memiliki nama ekstrim seperti Bajingan dan Ketan Kudis. Meski namanya nganu banget tetapi cita rasa makanan Khas Temanggung ini joss gandos.

Konon dibuatnya makanan ini berasal dari mitos yang mengatakan jika mendaki Gunung Sumbing membawa bekal nasi maka akan mudah lapar. Lalu bekal yang disarankan adalah singkong, gula aren dan kelapa. Sehingga dibuat menjadi makanan ini, setelah matang banyak orang berpendapat bahwa makanan ini seperti kepala yang ditumbuhi borok, dengan demikian makanan ini dikenal dengan nama Ndas Borok.

Aku memasak Ndas Borok ini bersama dengan kedua anakkku. Jurus ampuh yang kugunakan untuk mengenalkan makanan daerah adalah dengan cara memasak bersama. Supaya mereka menikmati proses dan antusias untuk mencicipi masakan yang telah dimasak bersama.


Memasak Ndas Borok Jajan Pasar Khas Temanggung Bersama Anak-Anak


Ndas Borok jajan Pasar Khas Temanggung
Anak-anak selalu antusias jika diajak memasak. Memang sensorik period mereka yang masih penasaran dengan berbagai peralatan dapur dan suka bereksplorasi menggunakan alat-alat dapur yang ada. Memasak Ndas borok ini tidak susah pun tidak memerlukan waktu yang lama. Anak-anak diminta membantu sesuai dengan kebisaan mereka. Jika mereka tertantang untuk melakukan hal yang belum dikuasai maka aku akan mengawasi dengan saksama supaya tetap aman.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Singkong
  2. Kelapa
  3. Gula Merah
  4. daun Pisang

Alat yang digunakan:

  1. Pisau
  2. Parutan/Juicer
  3. Panci untuk Mengukus
  4. Wadah untuk Mengukus

Cara Memasak

  1. Kupas Singkong dan cuci bersih (minta anak untuk mencuci)
  2. Parut singkong (minta anak untuk mencoba cara memarut, beritahu juga untuk waspada karena parutan tajam) atau bisa membeli singkong parut jika ada. Bisa juga menggunakan alat semacam juicer
  3. Parut kelapa atau bisa membeli kelapa parut jika ada
  4. Campurkan kelapa parut dengan singkong hingga homogen, Taburkan garam secukupnya, campur hingga rata.
  5. Sisir gula merah supaya bisa digunakan untuk taburan.
  6. Masukkan pada wadah yang telah dilapisi daun pisang. Setelah semua masuk, taburkan di atasnya gula merah/aren sesuai selera
  7. Kukus hingga matang kurang lebih 20-30 menit
  8. Angkat, potong-potong dan hidangkan.
Ndas Borok siap disajikan. Akan lebih enak jika menggunakan gula aren asli. Selain itu makanan khas ini paling enak dikonsumsi pada saat hangat. Bisa disajikan dengan minuman kesukaan, seperti teh atau kopi. Temanggung juga kota penghasil kopi dengan cita rasa yang enak. Baik kopi robusta maupun arabika.

Ndas borok ini dahulu merupakan jajan pasar yang mudah di temui di pasar seperti Pasar Ngadirejo, Pasar Parakan, juga Pasar Temanggung. Namun saat ini sudah mulai jarang ditemui, jajan pasar Ndas Borok ini

Di daerahmu ada jugakah makanan seperti ini? Jika ada biasanya memiliki nama yang berbeda, lalu apa nama jajan pasar ini di daerahmu?

Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar