Sajian Menu Buka Puasa, Tahu Telur Khas Malang


Traveling ala Emak yang satu ini, adalah mencoba kuliner dari beberapa daerah. Ada banyak sajian resep tanah air yang sudah dicicipi meski belum berhasil mendatangi kota asli makanan tersebut. Sajian menu buka puasa kali ini adalah Tahu Telur khas Malang.

Masakan daerah ini, pertama kali kucoba adalah dari masakanku sendiri. Sehingga aku tak bisa compare dengan rasa khas di daerahnya. Awalanya aku merasa takut gagal dan anak-anak tidak suka. Ternyata sewaktu melihat tampilannya mereka langsung penasaran ingin mencoba.

 "Enak," kata mereka serempak. Itu membuatku lega, sebab mereka dengan suka rela menghabiskan. Emak mana yang tak bahagia ketika masakannya ludes.

Resep untuk Sajian Menu Buka Puasa, Tahu Telur Khas Malang

Resep ini aku dapat dari Mbak Gigi—Nagita Slavina, puasa tahun lalu. Aku mengikuti challenge dari kecap bangau yang kuunggah di Instagram pribadiku @sukmanyamega, sehingga merek yang kugunakan adalah kecap bangau dan bubuk penyedap rasa bermerek royko.

Dalam resep aslinya, sebetulnya menggunakan terasi, berhubung resep nusantara ini yang ini skip terasi, maka resep yang kucoba juga tanpa tambahan terasi.

Bahan Tahu Telur:

300 g tahu putih, potong dadu 1,5 cm  

3 butir telur ayam 

½ sdt garam  

1 sdt Royco Kaldu Ayam 

Minyak, untuk menggoreng 

1. Bahan Topping krenyes: 

200 ml air 

1 butir telur ayam  

50 g tepung beras 

25 g tepung terigu 

1 ¼ sdt ketumbar bubuk 

¾ sdt Royco Kaldu Ayam 

¼ sdt merica putih bubuk  

2. Bahan Saus Kecap: 

100 ml Bango Kecap Manis  

30 g bawang putih, haluskan 

4 buah cabai rawit merah, haluskan 

2 sdm gula pasir 

1 sdt Royco Kaldu Ayam  

30 g asam jawa, larutkan dengan 60 ml air panas 

600 ml air 

3. Bahan Pelengkap: 

3 sdm kacang tanah kulit goreng  

3 sdm kacang tanah kupas, goreng, tumbuk kasar 

1 sdm bawang merah goreng 

6 lembar kol, iris, blansir 

150 g tauge, blansir 

3 batang seledri, iris tipis   

Cara Memasak

1. Cara Memasak Saus Kecap

Masak semua bahan termasuk Bango Kecap Manis hingga mendidih. Kecilkan api, masak hingga menyusut separuhnya. Angkat. Sisihkan.  

2. Cara Memasak Topping Krenyes

Aduk rata semua bahan. Panaskan minyak—banyak—di dalam wajan. Tuangkan ¼ bagian adonan, goreng hingga garing. Angkat. Ulangi proses serupa pada sisa bahan.  

3. Cara Memasak Tahu Telur

Kocok telur, garam, dan Royco Kaldu Ayam. Masukkan tahu, aduk.  Panaskan minyak banyak di dalam wajan di atas api besar. Tuang ¼ bagian tahu-telur, goreng sambil disiram-siram dengan minyak. Masak hingga kedua sisinya matang. Angkat, tiriskan. 

Penyajian


Siapkan piring saji. Tuangkan saus kecap dan taburi dengan kacang tumbuk, lalu taruh tahu telur di atasnya. Tambahkan kol iris, tauge. Tutup dengan topping krenyes, lalu tambahkan sisa kol dan tauge. Taburi dengan kacang tanah kulit dan seledri. Sajikan.

Tingkat Kesulitan dalam Memasak

Menurutku, tingkat kesulitan memasak resep ini adalah sedang. Hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah:

1. Saat memasak toping krenyes.

Diusahakan dengan minyak banyak dan api panas. Supaya menghasilkan krenyes yang kriuk. Selain itu perhatikan kekentalan serta jumlah dalam sekali goreng, disesuaikan dengan banyaknya minyak, jangan terlalu banyak.

2. Menggoreng Kacang Tanah

Pastikan agar tidak over cook, saat setengah matang. Sebab after cook pada kacang tanah, akan membuat kacang tanah mateng sempurna. 

Demikian resep dan tips dariku, semoga sajian menu buka puasa ini bisa menambah variasi menu kalian ya, bagi warga Malang asli, yuk  komentar apa yang harus diperbaiki dari resep ini, supaya lebih terasa Malang-nya.
Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar