5 Keuntungan Pemula Berada di WAG Ngeblog dari Nol

WAG Ngeblog dari Nol

Ngeblog dari Nol adalah judul buku yang isinya adalah paket lengkap untuk blogger pemula. Ada 77 ide anti mati gaya yang bisa langsung dipraktikkan. Kalau untuk review buku Ngeblog dari Nol beberapa teman sudah mengulas. Ini cerita versiku tentang WAG Ngeblog dari Nol.

Sebagai pemula sudah seharusnya jika kita mempelajari seluk beluk tentang blog. Supaya pengetahuan kita bertambah sehingga memahami bagaimana harus berjuang menjadi seorang narablog. Banyak yang bilang bahwa buku Ngeblog dari Nol menjawab banyak pertanyaan blogger pemula.

Baca juga: 

Awal mula ngeblog tahun 2018, rasanya seperti sendirian tidak ada yang menuntun. Banyak rasa ingin tahu, tetapi bingung bagaimana mengungkapkan. Meskipun jika ditanyakan ke Google semuanya bisa ditemukan. Masalahnya aku juga blank mau menanyakan apa sama mesin pencarian Google.

Kenalan dengan WAG Ngeblog dari Nol

Whatsapp grup ini merupakan anak asuhnya Komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis( IIDN), ada Mbak Widyanti Yulandari ketua umum IIDN, Mbak Alfa Kurnia, dan Mbak Nunu Amir. Mereka bertiga adalah penulis buku tersebut. Lahirnya grup ini bersama lahirnya buku Ngeblog dari Nol.

Setelah acara rilis buku dan workshop benefit dari pembelian buku selesai, ternyata grup ini tidak lantas dibubarkan. Grup ini diteruskan untuk menjadi support sistem bagi para pemula yang tergabung dalam grup ini. 

Setelah grup belajar selesai kemudian dibentuk perangkat grup, yang nantinya bertugas menyemarakkan grup agar para pemula bisa belajar lebih banyak di sini.

5 Keuntungan Pemula Berada di WAG Ngeblog dari Nol

Sebagai seorang pemula tentu sering kali merasa tak layak, apalagi jika bersanding dengan blogger kawakan yang sering menang lomba dan memiliki pengunjung blog yang tinggi. Perasaan tak layak itu ternyata menghambat perkembangan diri sendiri.

Seharusnya sebagai pemula kita bisa menerima bahwa masih layak kok tulisan kita untuk ukuran pemula. Setelah memiliki perasaan seperti itu, kita harus punya semangat untuk mencoba menerbitkan tulisan.

1. Memberi Suntikan Semangat

Bagi blogger pemula, ada banyak hal yang membuat malas. Salah satunya adalah merasa belum kompeten untuk menulis. Namun, ketika kita berada dalam lingkungan yang positif maka akan tertular energi positifnya. 

Motivasi akan tumbuh setelah kita melihat manfaat yang bisa diperoleh dari teman-teman yang lain. Teman-teman yang lebih dulu memulai, mereka bisa menghasilkan cuan dari blog. 

2. Mendapatkan Ilmu Mengenai Blogging

Belajar Ilmu Blogging

Mbak Widya terkadang membuka obrolan di grup dengan menanyakan kendala yang dihadapi. Seperti dua hari lalu, beliau akan memilih pertanyaan terbaik untuk dijawab di hari yang dijanjikan. 

Tentu akan lebih baik ya, ketika belajar memiliki mentor handal seperti beliau.  Beliau juga tidak pelit dalam memberikan tips serta ilmu. 

3. Memiliki Teman Baru Sesama Pemula

Meski pemula teman-teman di grup ini tulisannya bagus-bagus. Seolah memiliki pasukan yang bisa diajak sama-sama berproses. Terkadang memiliki teman dengan kondisi  sama-sama sedang belajar membuatku merasa tidak sendirian.

Ada banyak teman yang ternyata berjuang sungguh-sungguh. Hal ini membuatku tidak meremehkan proses, menghargai setiap ketidaktahuanku, dan bersyukur ketika mendapatkan jawaban atas kegundahanku.

4. Ada Agenda Blogwalking

Blogwalking bagiku yang masih baru memulai—dan tidak rajin posting tulisan—merupakan cara asyik mendapatkan pengunjung blog. Selain itu menjadi cara ampuh juga untuk semangat memperkaya literasiku dengan membaca.

Mengunjungi lima belas link tentu saja memberi banyak wawasan. Selain ilmu yang diperoleh dari blog yang dibaca. Aku juga mempelajari bagaimana mereka membuat artikelnya menarik. Mengamati desain grafis yang menjadi penunjang.

Pelan-pelan belajar kemudian menerapkan ilmu itu pada blog milikku. 

Karya teman-teman di sini berbobot sekali, sebab memang sudah dibekali 77 ide anti mati gaya. Bersyukur bisa menjadi bagian teman-teman yang powerfull dalam berproses.

5. Mendapatkan Informasi Event IIDN Lebih Awal

Seperti yang kita tahu IIDN sering mengadakan pelatihan yang berhubungan dengan blog. Bisa workshop penulisan, pembuatan infografis dan beberapa tema ngeblog lainnya.

Selain itu IIDN juga sering menjadi penyelenggara lomba blog. Info mengenai lomba blog juga cepat diperoleh.

Setidaknya jika info-info tersebut hal yang sedang kita tunggu-tunggu, kesempatan mendapatkan slot lebih besar.

Hal Istimewa Mengenai WAG Ngeblog dari Nol

Menurut pendapatku, grup ini menarik, pada kolom deskripsi terdapat beberapa link yang berisi banyak hal tentang ngeblog. Meski baru bergabung ada beberapa info penting yang bisa kita akses.

Jika suatu saat aku lupa, bisa langsung dilihat lagi step-step yang harus kukerjakan. Pengaturan yang ribet itu rasanya menjadi lebih simpel karena aku tidak perlu browsing yang tentunya memakan waktu. Ditambah jika keyword yang kita masukkan keliru maka akan bertambah lama. 

Harapanku untuk WAG Ngeblog dari Nol

Selain agenda blogwalking yang sudah berjalan, aku berharap ada agenda info terkait blog sekali dalam sebulan. Misalkan mempelajari tentang PUEBI pada minggu tertentu. Seru juga kalau ada challenge membuat kalimat sesuai bahasan PUEBI. 

Sehingga ada output-nya, soalnya tanpa challenge emak-emak antara malu dan malas mencoba. 

Bukan hanya PUEBI sih, bisa juga membahas tentang SEO, kalau ini aku ingin belajar tetapi merasa seram. Baru ditulis, tangan sudah mengeluarkan keringat panik. Hehe ....

Kelas Blog IIDN terbaru

Nah, ini dia yang tak bisa dilewatkan. Keuntungan bagi peserta WAG Ngeblog dari Nol seperti yang kusampaikan tadi. Kesempatan mendapatkan kursi kelas lebih besar. Pasalnya info ini langsung masuk ke WAG tanpa perlu buka akun sosmed mencar-cari info.

Soalnya info seperti ini kadang keselip dengan layangan putus milik Kinan dan Mas Aris.
Kelas Blog IIDN Januari 2022

Aku memiliki dua hasrat yang terpendam. Semoga nanti pas ikutan kelas ini, bisa menguatkan salah satu hasrat atau keduanya. Tadinya mau nulis tanpa goals saja sih, biar tenang hidupku tidak dikejar target.

Lalu apa kabarnya blog? Bisa bersawang dan menjadi pemula yang abadi. Harus ada goals supaya semangat riset dan lain sebagainya.

Kebetulan aku belum membuat goals untuk tahun 2022. Mari teman-teman pemula, kita sambangi majelis ilmu ini bersamaku. 

Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

12 komentar

  1. Masyaa Allah.. Mba Sukma bisa banget menuliskan apa tang saya rasakan di WAG Ngeblog dari 0.. bagus banget tulisannya Mba.. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Honest review ini Mbak, disampaiakan dengan jujur biar nggak jadi beban di yaumul hisab. Hehehe ....

      Berarti kita sama yaaaa, sehati. E... Cieeeee

      Hapus
  2. Bener, sy belajar banyak dari WAG jg tentang blog

    BalasHapus
  3. samaan mbak, banyak hal yang bisa sy pelajari saat saya bergabung di wag ini. Ga menyangka sy bisa sejauh ini. Belajar bareng ya mbak di WAG Ngeblog Dari Nol

    BalasHapus
  4. Setuju banget Mba. Awalnya ragu2 masuk WAG Ngeblog Dari Nol ini, ragu kalau nanti nggak bisa ngikutin kegiatannya. Eh tapi pas dijalanin kok asyik hihihi.

    BalasHapus
  5. Semangat mbak, yuk maju bareng. Semoga bisa mencapai goals nya masing-masing ya nanti

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, aku merasakan juga manfaat gabung di wah ngeblog ya kak

    BalasHapus
  7. Bismillahirrahmanirrahim, jadi blogger pro ya mbak, hehe

    BalasHapus
  8. iyaaa aku juga merasa bersyukur bisa berada di grup whatsapp blog dri nol IIDN aku merasa dapat suntikan semnagt dari sesama pemula kayak aku ini hehehe.. tapi mau kapan naik level ya...aku skrg kadang berpikir begitu

    BalasHapus
  9. Sama, kak. Saya juga senang banget gabung di grup WA ngeblog dari nol, punya banyak teman-teman yang satu frekuansi dan bisa banyak belajar dr yang ilmunya udah kece banget

    BalasHapus
  10. betul seqaleeeee gabung di WAG Ngeblog dari Nol memang sangat faedah buat bloger anyar apalagi yang pingin tetep semangat soalnya IIDN nya banyak nawarin event yang berdaya banget buat para bloger ya....faedah maksimal pokoknya deh

    BalasHapus
  11. Ah aku blogger kacangan apakah perlu gabung WAG

    BalasHapus

Posting Komentar