BLANTERORBITv102

    Pemahaman Perbedaan Gender

    Rabu, 17 Maret 2021

    Penjelasan tentang "Pemahaman Perbedaan Gender" dipresentasikan oleh Kelompok 1 (Aceh, Ambon Bali, Balik Papan, dan Bangka Belitung). Masya Allah tabarakallah ... kini memiliki referensi yang lengap untuk memahami arti gender yang secara lengkap.
    "Yuk mari memahami perbedaan gender secara menyenangkan dengan slide dari kelompok 1 yang membuat kita tak jemu-jemu memandang."

    Klasifikasi

    Dengan bantuan materi di atas, kita bisa memahami bahwa gender menurut klasifikasinya terbagi menjadi tiga yaitu: gender biology, gender identity, serta gender ekspression. Secara biologi, gender (jenis kelamin) terdiri dari dua macam yaitu jantan (male), dan betina (female). Betina disusun oleh kromosom XX, sedang jantan tersusun dari kromosom XY bisa dijelaskan secara fenotif.

    Secara genotif betina memiliki alat reproduksi berupa, vagina, uterus, ovarium, dan payudara. Sedangkan laki-laki yaitu penis, testis dan strotum. Jadi secara biologi sudah jelas sekali perbedaan organ yang menyusun antara keduanya.

    Gender identity adalah identifikasi pribadi (perasaan psikologis) Pada keadaan normal konsisten antara indentitas gender dengan anatomi biologi. Gangguan identitas gender membuat suatu individu merasa anatomi gendernya tidak konsisten dan terjadi konflik dengan identitas gendernya, biasa disebut transgender.

    Sedangkan gender ekspression adalah karakteristik dan perilaku seseorang yang dapat dilihat sebagai maskulin, feminin, campuran keduanya, atau tidak keduanya. Kecenderungan ini dipengaruhi kuat oleh presepsi lingkungan.

    "Sampai di sini, mulai tergambar ya bagaimana ketiganya bersinergi menjadi satu wujud karakter. Untuk mendapatkan sosok perempuan sejati dan lelaki sejati tidak hanya dibutuhkan kromosom serta organ reproduksi yang tersusun saja. Melainkan perasaan yang terbentuk pada diri anak, serta pengaruh lingkungan."

     

    Perbedaan Antara Gender, Seks, dan Orientasi Seksual

    "Satu hal yang harus ditekankan adalah bahwa seks bersifat permanen dan tidak dapat  dipertukarkan. Inilah yang disebut karakteristik seks primer. Sekalipun operasi perubahan alat kelamin telah dijalankan, seorang laki-laki tetap tidak dapat melakukan fungsi reproduksi sebagaimana perempuan karena ia tetap tidak memiliki rahim dan sel telur. Begitu pun sebaliknya, seorang perempuan yang melakukan operasi
    untuk memiliki alat kelamin laki-laki, ia tetap tidak bisa membuahi karena tidak memiliki spermatozoa."

    Antara gender, seks, dan orientasi seks adalah tiga hal yang berbeda, tetapi bisa juga dilihat keterikatan dari ketiganya yaitu  memiliki hubungan dengan jenis kelamin. Makna seks bisanya merujuk kepada dua jenis kelamin, perempuan dan laki-laki yang ditentukan dari segi biologi. Meski keduanya tampak berdeda jauh tetapi ada konsisi kelainan bawaan yang menyebabkan seseorang terlahir dengan gabungan ciri kelamin laki-laki dan perempuan (kelamin ganda) baik secara fisik dan genetik yang disebut interseks, Contohnya syndrom Klinefelter.

    Sedangkan secara gender merujuk pada identifikas perbedaan pada laki-laki dan perempuan dari segi sosial budaya.

    Orientasi seksual adalah rasa ketertarikan secara seksual maupun emosi terhadap jenis kelamin tertentu, bisa disertai dengan ketertarikan seksual atau pun tidak. Orientasi seksual dibedakan menjadi tiga, yaitu: heteroseksual, biseksual, dan homoseksual. Secara kodrati orientasi seks yang Allah berikan adalah heteroseksual, sedang dua lainnya bisa dikatakan sebagai kelainan orientasi seks.

    Pentingnya Mengenalkan Gender

    Ada 8 hal manfaat dari mengenalkan gender dari slide yang dibagikan oleh Kelompok 1. Bagi saya di akhir zaman ini, banyak hal yang terjadi di luar norma-norma masyarakat juga agama. Memberi pemahaman perbedaan gender, dn membuat anak mengenal perannya sebagai seorang perempuan dan laki-laki akan terhindar dari masalah sosial dan penyimpangan sosial.

    Anak yang memahami dirinya, akan bisa melindungi diri dari kemungkinan kejahatan seks, karena anak paham area mana yang harus dijaga baik-baik. Muslimah sejati akan menjadikan anak paham untuk menutup auratnya, menyayangi dirinya, memperlakukan dirinya sebaik-baik fitrah yang Allah berikan.

    Tahap Mengenalkan Perbedaan Gender

    Tahap pengenalan ini dibagi berdasarkan usia, ada lima tahapan yang harus diperhatikn oleh orang tua. Ini juga sudah saya tulis di catatan sebelumnya.

    Silakan baca, setoran Zona 7 sebelumnya : Tahap Pendidikan Seksualitas


    Strategi Mengenalkan Perbedaan Gender

    Mengenalkan perbedaan gender ini selain disesuaikan dengan tahapan usia juga harus dengan strategi yang pas. Anak adalah peniru ulung, jadi beriknlah teladan yang baik atau uswatun hasanah pada anak. Agar anak memahami fitrah seksualitasnya dengan benar. Jauhkan dengan kondisi lingkungan yang tidak baik. Sebab penyimpangan, kerap terjadi lantaran mendapatkan contoh yang tidak benar.

    Jika kondisi yang terjadi adalah dalam keluarga tidak memiliki sosok yang seharusnya menjadi tauladan sang anak, maka carikan figur yang tepat agar anak tetap memahami fitrahnya.

    Selain dengan teladan, pengenalan perbedaan gender bisa dengan perlakuan yng baik dan tepat juga dengan bermain peran.

    Kesimpulan:


    Dalam memberi pemahaman perbedaan gender, harus dilakukan semenjak dini. Bagaiman saling menghormati antar gender, memahami batasan-batasan dalam pergaulan, memberikan pemahaman akan peran dan tugas individu berdasarkan fitrah seksualitasnya. 

    Pemahaman yang baik dan sesuai dengan tahapan usianya, akan menciptakan generasi masa mendatang yang lebih baik. Tidak mudah terseret arus pelecehan, tidak juga tertular pada orientasi seksual yang tidak seharusnya.


    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com