BLANTERORBITv102

    Menyiapkan Homeschooling Vanya Eps. 1

    Rabu, 12 Juni 2019
    Bismillahirrahmanirrahim 💚💚💚


    Bulan ini adalah bulan dimana Vanya terima ijazah TK-nya. Itu artinya tahun ajaran baru ini dia masuk sekolah dasar. Tapi tidak untuk kali ini gaes.

    Mbak Vanya dan Mama sepakat untuk belajar di rumah. Awalnya mama curhat sama sahabat yang berprofesi guru dan yang ia pelaku homeschooling.

    Curhat kalau Vanya ga bisa masuk ke SDIT pilihan kami, yang dari awal masuk (kelas satu) sudah dipisah kelas antara murid perempuan dan laki-laki.

    Sebenarnya ada alternatif lain, namun kami rasa belum sesuai dengan harapan kami. Jadi untuk tahun ini kami akan fighting belajar bersama di rumah.

    Tahun ini inshaAllah akan ada dua murid emak, Vanya dan adik Aida. Huhuy ... dream come true, ngajar ... Ngajar anak sendiri.

    Emak udah mulai menyiapkan diri dengan mendonwload kurikulum 2013 untuk SD dan madrasah. Agar kami memiliki acuan, dan bila nanti kami berniat mendaftarkan kesetaraan agar anak memiliki ijazah.

    Hasil diskusi dengan teman yang berprofesi guru adalah, mendukung karena Vanya sosialisasinya sudah sangat bagus, jadi tidak akan bermasalah dengan hal itu.

    Lalu hasil berdiskusi dengan sahabat pelaku homeschooling, memberi support penuh, bahkan memberi tahu bahwa tidak perlu mengikuti kurikulum dari pemerintah, tergantung dengan visi misi keluarga.

    Ini menarik bagi saya, jadi kelak anak kita diarahkan untuk menjadi seorang enterpreneur, sesuai dengan bakat minat anak. Apalagi dengan isu saat ini yang menyatakan anak harus lulus semua mata pelajaran dengan nilai tinggi.

    Dalam hal ini akan terjadi yang namanya meratakan lembah. Bakat dan minat anak ditenggelamkan dan akan muncul pelajar yang bernilai standar. Diseragamkan pola pikirnya, dibuat frustasi dengan kelemahan yang harus tetap bernilai unggul. Hasilnya mencontek agar semua mata pelajaran lulus.

    Tapi ini yang membuat saya makan tak enak dan tidurpun tak nyenyak. Saya ini adalah sosok yang tidak suka dengan keteraturan (menurut temubakat.com). Dan buruk dalam hal administratif.

    Tapi untuk berkomunikasi dan mengajar ada bakat di situ. Bismillah, semoga Allah memudahkan dan melimpahkan saya sahabat yang bisa mensupport dan memberi saya masukan dan ilmunya tentang homeschooling.

    Semoga tahun pertama ini gemilang ya guys, tahap awal ini saya sedang mendekor rumah nih agar sesuai dengan kebutuhan. Agar anak semangat untuk belajar dan bertanya. Sepertinya awalan ini saya akan menggunakan kurikulum pemerintah, namanya juga babah-babah, membuka jalur awal dalam otak saya biar nanti muncul ide briliant untuk mengantar anak bertemu dengan misi hidupnya.

    Eeeeeaaaaaa

    Kalau ditanya tentang Visi Misi kami adalah mendidik anak sesuai apa yang Allah mau. Menjadikan anak shalehah, cerdas, berakhlak Rasulullah SAW, hidupnya bermanfaat bagi banyak orang dan mati masuk surga. Aamiin

    Sekian. Bersambung ya guys cerita saya. 💚💚💚

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com