BLANTERORBITv102

    Ramuan Ampuh Usir Ketombe

    Selasa, 21 Mei 2019
    "Aduh aku ketombean iki," kataku.
    "Halah gur sindap wae," jawab Retno.
    "Kok gur sindap, wong kui ki ketombe kok," sahut nenek Retno dari dalam rumah.
    "Nggih mbah, lha nek sindap niku pripun men ical mbah?" tanyaku sambil mesam-mesem.

    Simbah tidak tahu kalo ketombe itu bahasa jawanya yaa sindap itu. Tapi jadinya ada ramuan ampuh penghilang ketombe. Back to nature, yuk kepoin dua alternatif ramuan yang ampuh usir ketombe. Ketombe kocar-kacir menjauh dan kepala tidak gatal lagi.


    1. Daun pandan

    Taukah kamu seperti apa daun pandan itu?


    Hehe, sudah banyak yang tahu kalau daun pandan mah ya .... Hampir setiap rumah pernah menggunakan dan mudah dikembang-biakkan, otomatis banyak yang tanam. Daun pandan yang harum baunya dan bisa untuk pewarna alami ini memiliki fungsi sebagai anti ketombe.

    Cara :
    Ambil beberapa helai daun pandan. Ditumbuk hingga halus, ambil airnya dengan diperas. Lalu gunakan untuk hair mask. Usahakan sampai ke lapisan kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala agar meresap. Diamkan beberapa saat (30 menit), kemudian keramasi rambut.

    Resep ini sudah saya uji ketika duduk di bangku smp. Efektif mengusir ketombe, tapi aroma rambut jadi seperti bolu pandan.

    2. Buah jeruk nipis

    Jeruk nipis biasanya untuk bikin obat batuk, sama penyedap kalau masak soto yakan bund. Ternyata gak cuma itu khasiatnya.

    Ramuan kedua ini lebih simpel, cukup dengan satu buah jeruk nipis saja. Belah jeruk nipis lalu gosok-gosokkan pada kulit kepala. Biasanya akan terasa perih karena kulit kepala bekas digaruk terkena air jeruk.

    Setelah merata, seluruh kulit kepala, pijat-pijat dan diamkan 30 menit. Biarkan meresap dulu. Setelah itu bilas dengan air, atau keramasi rambut.

    Cara ini juga ampuh, meskipun selang beberapa lama ketombe balik lagi, treatment ini bisa dilakukan secara teratur jika menginginkan hasil yang maksimal.


    Sebenarnya masih banyak ramuan lain untuk pengusir ketombe, tapi bagi saya kedua ramuan itu ampuh usir ketombe.

    Cara lain bisa dengan rajin creambath ke salon atau menggunakan sampo anti ketombe. Harus rajin keramas, jangan sampai lepek karena bisa menyebabkan ketombe balik lagi.

    Dan ternyata ketombe juga menyebabkan kerontokan pada rambut. Jadi disamping gatal yang mengganggu, rambut jadi mudah rontok.

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com

    1. numpang share ya min ^^
      bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
      daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
      F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
      ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
      || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

      BalasHapus