Perawatan Mencerahkan Wajah dari Rumah

Perawatan-Mencerahkan-wajah-dari-rumah
Gambar: pixabay

Kembali lagi, kali ini dengan mengusung tema "mencerahkan wajah". Terlihat kusam terkadang membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Sehingga membuat kegiatan terhambat.

Perawatan Mencerahkan Wajah Buat Emak-emak di Rumah

Masker-wajah-homemade

Menjaga kesehatan kulit wajah agar terhindar dari kusam dan tampak cerah dari hari ke hari, dapat dilakukan dengan cara yang natural. Beragam cara mulai dari membersihkan muka, pemakaian cream pagi dan malam, pemberian serum, serta perawatan dengan masker wajah.

Perawatan penggunaan masker memang menghabiskan banyak waktu, namun hal itu baik dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. 

Step Sebelum Memakai Masker

Untuk menyukseskan kinerja masker, ada langkah-langkah yang penting untuk dilakukan. Apa itu? Mari kita simak info di bawah ini ya dears :

1. Membersihkan muka, 

Membersihkan muka bisa dengan menggunakan cleansing milk serta toner. Bisa juga dengan cara mencuci muka dengan sabun.

2. Sauna Wajah

Sauna wajah bertujuan untuk membuka pori-pori kulit bisa. Proses ini dilakukan dengan penguapan air panas ke wajah. Bisa dengan air biasa ataupun rempah sauna wajah.

3. Ratakan Masker pada Wajah

Aplikasikan masker ke seluruh wajah secara merata, dengan cara diputar-putar agar sel kulit mati terangkat. Juga dengan ditekan agar masker lebih meresap.

Tunggu hingga kering, basuh muka, sambil diputar-putar memaksimalkan pengangkatan sel kulit mati dengan sempurna.

4. Lap dengan Handuk Dingin

Tap-tap wajah dengan handuk dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit. Supaya kotoran tidak dengan mudah masuk melalui pori-pori yang terbuka.

Beberapa Masker yang Biasa Ditemui di Dapur

Ada tidak ya Emak di sini yang memakai bahab-bahan di dapur untuk perawatan wajah. Jika ya, mati kita tos, sebab aku juga sering melakukan itu.

Sekarang saatnya kita memilih bahan perdapuran yang bisa dimanfaatkan untuk masker pencerah wajah. Meski rempong tetapi seru loh, mencoba perawatan wajah dari bahan yang ada di dapur ini.

Yuk kita ke dapur, semoga ada ya bahanya supaya lekas kita eksekusi. Yuk siapkan bahan-bahan di bawah ini:

1. Masker Kopi Bubuk


masker-kopi

Kopi bubuk asli, selain rasanya sedap ketika diseduh dengan gula pasir. Ternyata sangat bagus ketika digunakan untuk mencerahkan kulit. 
Untuk kulit berminyak, dapat ditambahkan dengan madu dan juga jeruk nipis.
Seperti kulitku, masker ini merupakan andalanku. Mampu mengurangi kadar minyak dalam wajah plus mencerahkan. 

Kalau untuk kulit normal atau kering, bisa ditambahkan madu dan juga minyak zaitun.

Efek yang dihasilkan adalah, kulit terasa halus, kenyal dan cerah seketika. Kulit mati banyak terangkat dengan scrubing dengan butiran bubuk kopi, hasilnya wajah akan terasa halus, segar dan memperbaiki riasan tentunya.

2. Masker Teh


Masker-teh

Ternyata masker dari teh yang diinapkan, berkhasiat memutihkan dan juga melembapkan wajah. Setelah wajah dibersihkan dan pori-pori dibuka dengan penguapan, segera basuh dengan air teh, diamkan beberapa saat.

Hasil akhir wajah tampak bercahaya serta mengembalikan kelembaban kulit. Baik untuk kulit normal dan juga berminyak.

3. Masker Jeruk Lemon


Masker-jeruk-lemon

Masker ini simpel untuk dilakukan, iris lalu usap-usapkan pada wajah. Diamkan hingga kering, lalu bilas. Masker ini cocok untuk kulit kering. Akan terlihat glowing dan segar kembali.

4. Masker Tomat


Masker-tomat

Emak-emak pasti suka ini, sisakan sepotong ketika sedang memasak menggunakan tomat. Lalu usapkan saja ke wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu sampai mengering, baru dibersihkan. 

Ekonomis bukan? Pastinya, dan ternyata selain berkasiat mencerahkan juga bisa mengusir jerawat.

5. Masker Putih Telur


Masker-Putih-Telur

Selain mencerahkan masker ini bisa digunakan untuk mengangkat kulit mati dan komedo. 

Caranya dengan penggunaan kapas. Celupkan kapas pada putih telur kemudian tempelkan ke seluruh wajah, terutama bagian hidung.

Jika sudah kering, tarik kapas, saat itulah komedo terangkat. Sehingga wajah bebas dari komedo, akan sangat memperbaiki riasan wajah.

Masker di atas adalah masker alami yang biasa Emak temui di dapur, alias tidak perlu menyiapkan anggaran baru, hehe .... 

Sheet-Mask

Adapun masker lain yang recomended untuk digunakan yaitu sheet mask. Masker ini selain simple penggunaanya juga aman digunakan setiap hari.

Selain perawatan wajah dengan penggunaan masker, penggunaan cream pagi dan siang serta serum sangat mempengaruhi.

Hal terpenting dalam pemilihan kosmetik adalah disesuaikan dengan jenis kulit. Demikianlah rangkaian perawatan mencerahkan wajah dari rumah yang mudah dilakukan. 
Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar