Rindu Kampung? Obati dengan Resep Nasi Gandul Khas Pati Ini!

Nasi Gandul Khas Pati

Sudah mulai berkumpul air liurku saat mengetik judulnya. Nasi gandul khas Pati ini menjadi salah satu makanan favoritku. Berawal dari berjodoh dengan orang Pati, membuatku nekad berburu resep di mesin pencarian Google.

Setelah di ingat-ingat, ternyata  pertama kali aku mencobanya di Kota Yogyakarta. Sebuah kedai dekat dengan kampus Atma Jaya. Gurihnya kuah santan dengan rasa yang khas, dengan irisan daging sapi yang lembut memanjakan lidahku kala itu.

Resep Nasi Gandul Khas Pati, Bikin Ketagihan

Masakan daerah biasanya menjadi salah satu obat mujarab untuk mengobati rindu kampung halaman. Beruntung jika di daerah tempat tinggal berdekatan dengan kedai yang menjualnya. Alih-alih mengobati rasa rindu, habis waktu makan kita untuk mencari kedai jika memang tak ada.

Resep Nasi Gandul
Salah satu cara singkat memanjakan lidah adalah dengan memasak sendiri. Tentu dibutuhkan resep yang tak kaleng-kaleng untuk rasa yang istimewa. Berikut ini adalah bahan serta langkah-langkah memasaknya.

1. Bahan baku

500 gr daging sapi dan tetelan

250 ml santan kental

air secukupnya (untuk merebus daging dan membuat kuah)

2. Bumbu Halus

10 bawang merah

5 bawang putih

5 cabe merah (boleh skip) 

1 sdm ketumbar sangrai

1 sdm lada

1 sdt jintan sangrai

4 kemiri sangrai

1 sdt terasi bakar

1 ruas kencur

1/2 sdt pala (boleh skip) 

1 sdm gula merah

4 sdm kecap manis

Garam dan kaldu jamur secukupnya

3. Bumbu cemplung

3 lembar daun salam

2 batang sereh

2 iris laos geprek

1 jari jahe geprek

1 jari kayu manis

4. Bahan pelengkap :

Sambal hijau (cabe direbus dan dihaluskan) 

Jeruk nipis

Kecap manis

Bawang goreng

5. Cara Memasak:

• Rebus daging dalam air mendidih selama 5 -10 menit, buang airnya lalu potong-potong seperti pada gambar penyajian.

• Rebus 1500 ml air sampai mendidih kemudian masukkan daging.

• Tumis  bumbu halus hingga harum, setelah itu masukkan ke dalam rebusan daging.

• Masukkan juga bumbu cemplung, tunggu hingga daging empuk.

• Masukkan santan

• Koreksi rasa

• Sajikan dengan tempe goreng, kerupuk, bawang goreng, jeruk nipis, dan sambel rebus. 

Tips dan Trik

Bukan perkara sulit untuk memasak, yang tak mudah adalah menghasilkan masakan dengan cita rasa yang lezat. Supaya masakan nasi gandul khas Pati menjadi istimewa perhatikan tips berikut ini:

1. Gunakan kelapa tua agar santan yang dihasilkan lebih banyak dan lebih gurih.

2. Jangan asal terasi, sebaiknya menggunakan terasi terbaik asal Kota Pati, agar rasanya seperti di kampung halaman.

3. Tempe gorengnya tebal kurang lebih 0,5 cm tetapi tetap kriuk.

4. Gunakan kecap andalannya orang Pati, biasanya mereka menggunakan merek lokal.

Saran Penyajian

Nasi Gandul Khas Pati

Beri daun pisang yang dibentuk bulat di piring saji. Letakkan nasi sesuai takaran masing-masing, beri bawang goreng, sambal, dan kecap. Lalu siram dengan daging dan kuah gandul.

Sejarah Singkat Nasi Gandul Khas Pati

Nasi gandul merupakan sajian yang istimewa, biasanya disajikan dalam perhelatan besar seperti acara pernikahan, dan khitan. Menurut sejarah, yang aku baca dari Liputan6 resep ini sudah ada sejak tahun 1955. Dikenalkan oleh Pak Meled, dari daerah Gajahmati, Pati. Sampai sekarang daerah Gajahmati dikenal dengan daerah pelopor nasi gandul.

Sedangkan pemberian nama nasi gandul atau biasa disebut sego gandul, dikarenakan kuliner ini dahulunya dijual dengan cara dipikul. Gandul berarti menggantung, seperti proses penjual memikul dua kuali. Pembelilah yang memberi julukan nasi gandul.

Awalnya kupikir nasi gandul adalah olahan dari pepaya, sebab di daerahku selain disebut kates, pepaya juga dinamai gandul. Ternyata jauh panggang dari api, bahan utamanya adalah daging sapi.

Berbeda sejarah dengan yang dituturkan oleh Bapak Sardi yang sudah berjualan nasi gandul dari tahun 1978. Beliau melansir dari Kemendikbud bahwa disebut nasi gandul sebab daging sapi yang akan diolah, pahanya digantung saat hendak diiris kemudian dimasukkan ke dalam kuah.

Buat Teman-Teman yang melintasi Pati, tak ada salahnya untuk mampir mencicipi kuliner nasi gandul khas Pati. Jangan lupa juga untuk mencoba resepnya di rumah ya!


Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar