BLANTERORBITv102

    Menyapih Dengan Cinta, Ribet gak ya?

    Jumat, 05 Januari 2018

    Cinta seorang ibu itu seluas langit, sedalam lautan, sebesar Milkyway Galaksi, tidak hanya sebatas dunia apalagi selebar daun kelor. Jadi kalo menyapih dengan cinta itu bakalan ribet atau nggak ya?  Untuk mengobarkan semangat Para Bunda sepertinya Emak harus ngumpulin kata-kata motivasi dulu ya. Hayuk semangati diri sendiri bunda, bahwa Weaning With Love itu gak ribet.
    Adapun tips-tips nya menyapih dengan cinta sebagai berikut :
    ✍️ Mengurangi frekuensi menyusui
    ✍️ MP-ASInya 3-4 kali, siapkan camilan juga
    ✍️ Menyusui hanya di satu tempat, kamar misalnya
    ✍️ Tunjukkan kasih sayang selama menyusui, memeluk, mencium
    ✍️ Bulatkan niat, kalau ragu biasanya anak ngerti dan malah akan gagal
    ✍️ Lakukan ketika anak sehat, pas mbak Vanya, molor sebulan karena pas usia 2 tahun mbak pas lagi panas.
    ✍️ Libatkan suami
    ✍️ Ganti aktivitas menyusui dengan dongeng sebelum tidur, hafalan do'a-do'a atau menyanyikan lagu. Biasanya akan membuat anak gak rewel lagi.

    Implementasi dari tips2 diatas, ini kisah saya dalam menyapih Aida semoga menjadi gambaran bagi para bunda yg hendak menyapih anaknya.

    The power of sounding

    Hal pertama yang saya lakukan adalah sounding, ini sudah sejak beberapa waktu yang lalu. Mulai mengatakan bahwa AIDA sekarang udah BESAR.

    Selalu manggut-manggut kalau dibilang udah besar, lalu bercerita tentang mbak Vanya yang udah gak mik ASI lagi. -
    Jadi kalo sudah besar gak mimik ASI lagi ya dek. Pasti langsung geleng2. Balada anak bayik.

    Tapi sekarang udah mendingan, ketika mama bilang, nanti kalo udah gak mik ASI lagi adek mau mimik susu apa, yang rasa apa, stroberi iya? Dia mulai nyaut iya... Apa mau mimik teh pake gelas yang bagus? Nanti kita beli ya? Aida bilang iya.

    Awal sounding jawabannya "Emoh". Mama gak bosen bilang dek Aida sudah besar nanti gak mik ASI lagi ya? Disetiap kali adik minta mik ASI.

    Kali ini justru lebih sering mik asi karena dek Aida lg gak enak badan. Btw niat mama udah bulat untuk Weaning With Love. 🌹🌹🌹🌹

    Masih ngomongin tentang itu sama dek Aida. 
    Mama... Adek mau mimik
    Mimiknya adek bayi. 
    Yang itu. 😂😂😂
    Sekarang dia udah mulai ngomong begitu kalau mau mimik Asi. 😊😊😊
    Ini kan punya adik bayik || Jawabnya, "Hayah" maksud adek adalah halah. ✌️


    Berarti dia mulai ngerti kan kalo dirinya udah lebih gede dari adek bayi. Lanjut mama bilang, "Ntar mimik mama abis, adek gak mimik lagi ya." Iya ma. 😆😆😆😆
    Idiih... Suka deh sama jawaban adek. Semoga besok beneran pas waktunya berhenti, dia gak rewel yaa

    Menyapih Hari pertama, Aktifitas Aida dan dia gak bisa tidur siang ini. 

    Dikisahkan tentang dibalik layar "Menyapih Aida" 
    Melanjutkan cerita yang judulnya "Power of Sounding
    Ini hari Ulang Tahun Aida, hati ini genap 2 tahun. Mana cake n lilinnya??? Gak jaman ya... Haha... Yang jelas moment di dua tahun ini adalah waktunya menyapih, biar lebih mandiri. 


    Setelah sounding, everyday, everywhere setiap Aida minta mik ASI dari beberapa bulan, yang intens ya sebulan kemarenlah. Ini menuai hasil. 


    Pagi bangun tidur biasalaaah yang dicari emak, pangkuan dan ASInya. Tapi hari ini jawaban mama, "yah dek hari ini ASI punya mama HABIS. Bohong ya... Dalam hati mama lanjutin tuh, kalo berhasil waeaning maka akan habis untuk Aida. Tidak untuk adeknya (semisal ada rejeki lagi). Merengek tapi gak frontal karena ketika mendekati hari H, mama udah sering sounding kalo nanti ketika adek udah gede kaya mbak Vanya dulu mimik mama Abis dek. Lanjut sarapan dan anter mbak sekolah. Kali ini jalan2 berduanya sampe jam 09.30...lama yaaa... Setelah itu adek udah mulai ngantuk dan minta pulang. Sampe dirumah dia inget deh lagu wajib menjelang tidur. Dan mama mengalihkan ke aktivitas lain. Sampe sore dia gak TIDUR SIANG. Bisa tidur setelah mama Sholat Maghrib. Bangun lagi karena mbak Vanya nonton film "DANUR" yang back soundnya ngagetin tenaaaaang trus gleeeeerrrr. 


    Tidur lagi jam 10 malem daaaan Hari ini BERHASIL 😂😂😂😍😍😍😍😍😘😘😘😘😘

    Aktifitas Aida saat disapih di hari ke-2,bisa bobok siang dia. Alhamdulillah
    Weaning with Love... Sambungannya yang kemaren yak. 

    Pas malem hari yang jam 10 malem tidur lagi itu, aida sempet bangun 3 kali. Pas bangun sepertinya ingin mik Asi, tapi mama bilang Habis dek, udah mulai "sakitnya tuh disini" emaknya. 
    Mimik susu kotak apa air putih dek. Dek aida milih air putih minum habis banyak tidur lagi. 😍😍😍


    Habis itu selang satu jam adek tiba2 bangun trus jalan habis itu jongkok. Mama perhatiin dalam kegelapan. Ternyata adek "pipis" 😂😂😂😂 Mungkin dia sangka udah sampe "WC". Karena udah sejak umur 17 bulan gak pake diapers lagi,  diumur 18 bulan sukses toilet trainingnyaa... 😍😍😍😘😘😘 Langsung mama angkat ke wc, disuruh lanjutin pipis disana, cebok dan ganti celana. Ditaroh di kasur bobok lagi. Mama bahagia. Truss udah agak pagi, sekitar jam 5 an dia bangun lagi, mama tawarin air putih lagi kan! Kagak mau, dia pasang muka jengkel dan gak butuh ke mama. Lalu memalingkan wajah... Merem lagi. Ini cerita Malam harinya pas Day 1. 
    Berlanjut ke cerita Hari ke2, tanggal 26 Oktobernya, hari ini mama Ulang Tahun, istilah jaman sekarang mah. Haha... 


    Dimulai dari bangun tidur, Aida pasang muka Jutek, sama mama ditinggal lanjutin cuci piring sambil memantau kondisi adek. Tiba2 mbak ganti chanel tivi dapetnya upin ipin lagi nyanyi goreng pisang, dek aida langsung bereaksi dan beranjak dari tempat tidur. Langsung mood nya happy, joget dan ikutin nyanyi sebisanya dia. 😍😍😍😍

    Mandi bareng mbak trus nganterin mbak sekolah. Hari ini mama agendakan "meliburkan urusan nginem" totalitas di "baby sitter" aja. Support Aida 1000%,biar dia merasa dicintai meski tanpa dikasih ASI lagi. Lebih tepatnya "NGEBOLANG TIME". Outdoor play. Lari kesana kemari, bahagia bersama deh. Hingga waktunya mbak Vanya pulang mama n adek masih Outdoor play. Sambil jemput mbak Vanya jam 10.30
    Habis ituuuu lanjut guyonan sama mbak Vanya, eh eh sebelum adzan dzuhur berkumandang adek sudah terlelap dipangkuan mama, sambil digendong pake selendang. Alhamdulillah berkali2 mama, bersyukur, setiap moment mudah itu karenaNya. 😘😘😘😘


    Lanjut TPQ time... Gak rewel juga... Malem... boboknyaaa... Dielus2 punggungnya udah gitu doang.

    Day 3,mulai dr nntn topeng monyet, bikin sate buah. Mulai dari cuci buahnya adek bantuin mbak.
    Hari ketiga DiSapih dengan Cinta. Paginya bangun after mama pulang anterin mbak sekolah. Mbak masuk kelasnya jam 07.30, gak sampe mbak masuk, pokoknya anter nego sebentarlaah trus pulang. Adek dirumah sendiri dalam posisi tidur. Adek masih tidur, bangun gara2 ada topeng monyet pagi2. 

    Adek Aida malemnya kebangun beberapa kali tapi mintak minum air putih dan selebihnya pasang muka "jutek" dan "gak butuh" sama saya. Haha... Mama sih lagi menikmati rasa "sakitnya tuh disini".
    Kenceng kaya mau pecah. Ini perjuangan loh sodara-sodara,. Ketika seorang ibu ingin menyapih anaknya itu yang pertama harus TEGUH PENDIRIAN, lalu KUAT MENTAL dan satu lagi KUAT JASMANI NAHAN YANG KAYA MAU PECAH INI. Galau segalau-galaunya itu sebenarnya yang terjadi. Tapi kalo udah ngerasain nanti setelahnya dia akan LEBIH MANDIRI dan LEBIH HEBAT apalah arti perjuangan itu, semuanya terbayar. Gak ada yang diutang deh pokoknya. Terbayar sama makin lincahnya, makin strongnya, gak mudah menyerah. Dan bobok sendiri. 


    PR buat mama... Minuman apa yang dek Aida suka, kalo sufor udah ditolak mentah-mentah. Ini mama masih dalam hal mengumpulkan bukti2... Haha... Biar kaya detektif. Minuman mana yang lebih aida gemari. Kalo mbak Vanya dulu... Dia lebih suka "TEH MANIS" ketimbang susu. Udah kaya nenek2 ya, kalo susu sukanya yang susu fermentasi. Aida juga kayanya begitu juga nih. Lebih suka susu fermentasi ketimbang susu berlemak. Gimana ini... Kapan endutnya dek aida. 😥😢😥😢😥😢😥😢😣😣😣😣

    Tapi kalo makan makin lahap ya.. Dan sekarang yang sering mama dengar dari mulutnya, pengganti kata "ma mimik ma" adalah "ma jajan ma" 
    Oh No... Oh my God... Pintere anakku... 😥😢😣😥😢😣😥😢😣😣😣😣


    Kalo malemnya, setelah Abi pulang mama udah angkat tangan deh pokoknya. Gak sanggup lanjutin main. Mama asyik di kasur. Nah... Ini... Perlu banget dibahas. Malam ini mama gak tau gimana dek aida bisa bobok. Mama udah ketiduran duluan sebelum adek tidur. Hahaha...


    Itu cerita mama bersama Aida, cerita mbak Vanya lain lagi. Tapi hampir sama step-stepnya. Dan untuk menyapih ini mama berhasil, gilang gemilang. Sekarang mama jadi tukang dongeng buat dek Aida dan mbak Vanya kalo dulu cuma buat mbak vanya sekarang dua-duanya jadi fans tetap mama. Alhamdulillah ala kuli hal... 💜💜💜





    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com