Skincare: Ini Cara Memilih yang Tepat untuk Pemula

Releate nggak sih? Ketika awal-awal ingin menggunakan skincare malah bingung dan takut. Kalau aku iya, takut hasilnya tidak bagus di kulit kita. Takut kemakan iklan, hingga takut memperparah masalah kulit. Aku yang dulu cuek banget sama perawatan kulit, mulai deh belajar cara memilih skincare yang tepat untuk pemula. Soalnya keluhan kulit sudah bukan satu masalah saja. 

cara memilih skincare untuk pemula

Pasalnya permasalahan kulit saja belum paham, apalagi memilih produk perawatannya. Namun, semua hal di dunia ini bisa dipelajari bukan? Apalagi zaman serba canggih seperti ini, mudah mendapatkan informasi. Hanya saja kita perlu cross check kebenarannya, jangan lantas percaya saat pertama mendapat info.


Cara Memilih Skincare untuk Pemula


Vervain di sini sepertinya sudah tidak sabar untuk belajar bersama denganku. Aku sudah mengalami trial n error untuk menemukan skincare yang cocok. Semoga Vervain, bisa menemukan skincare yang cocok berawal dari membaca tips ini ya. Berikut adalah cara menentukan skincare yang cocok bagi pemula:


1. Kenali Jenis Kulit

Hal pertama yang harus Vervain lakukan adalah mengenali jenis kulitmu. Jenis kulit dibagi menjadi empat, yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit sensitif.

jenis jenis kulit

Test kenali jenis kulit

Jika kamu tidak yakin dan merasa kesulitan saat menentukan jenis kulitmu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan.


2. Kenali Permasalahan Kulit


Setelah kamu mengantongi hasil analisa jenis kulitmu, Vervain perlu mengenali permasalahan kulit yang sedang dialami. Permasalahan kulit yang umum terjadi antara lain jerawat, komedo, flek hitam, penuaan kulit dan kulit kusam.

Jerawat dapat disebabkan oleh bakteri dan penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati. Kondisi kulit kusam terjadi karena kurangnya nutrisi, paparan sinar matahari dan polusi. Flek hitam biasanya disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih. Kulit penuaan seperti kendur, keriput dan kusam terjadi karena proses penuaan alami.

Jika kamu memiliki permasalahan kulit tertentu, kamu perlu memilih produk skincare yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Kamu perlu memilih skincare yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan permasalahan kulitmu.


3. Mulailah dari Produk Dasar

Bagi pemula, sebaiknya kamu memulai dari produk skincare dasar, yaitu pembersih wajah, toner, pelembap, dan tabir surya. Keempat produk ini merupakan rangkaian yang tidak boleh ditinggalkan.

Sebelum memberi nutrisi yang tepat kulit perlu dibersihkan dari kotoran seperti debu dan polusi, bakteri dan juga sel kulit mati. Setelah itu berikan toner yang berfungsi untuk mengembalikan kelembapan dan menenangkan kulit. Setelah itu berikan pelembap yang memiliki nutrisi sesuai kebutuhanmu.

Please, jangan pernah lupakan untuk memakai tabir surya. Sebab segala permasalahan kulit akan semakin memburuk jika kita abai terhadap perlindungan dari paparan sinar matahari.

Kamu dapat menambahkan produk skincare lain sesuai dengan kebutuhanmu.


4. Gunakan Produk yang Sesuai dengan Anggaran

Produk skincare memiliki berbagai macam harga. Pilihlah produk yang sesuai dengan budget. Menggunakan skincare ini bukan masalah harga, tetapi kandungan yang sesuai dengan kebutuhan lebih diutamakan.

Jika sesuai dengan anggaran maka kamu tidak akan merasa keberatan jika harus berkelanjutan.

Jika anggaranmu sedang mepet, hal yang paling penting untuk kamu miliki adalah moisturizer. Tentu akan lebih baik jika memilih moisturizer dengan kandungan sunscreen 30 PA+++ atau lebih.

Terkadang permasalahan kulit seperti jerawat bruntus terjadi karena kulit terlalu kering sehingga kulit memproduksi minyak secara ugal-ugalan. Hal ini menyebabkan timbulnya bakteri, dan penumpukan sel kulit mati juga. Namun, jika kamu sudah memberi kondisi lembap pada kulit maka kondisi seperti ini bisa teratasi.


5. Gunakan Produk Secara Rutin

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Vervain perlu menggunakan produk skincare secara rutin. Kenapa sih harus rutin? Apa tidak bisa kalau memperbaiki permasalahan kulit saja, setelah kembali normal maka menghentikan penggunaan skincare?

Selain berfungsi memperbaiki permasalahan kulit, skincare berfungsi untuk merawat atau melindungi kulit. Kamu tentu tidak rela jika kondisi kulit yang sudah sehat akan kembali rusak disebabkan paparan polusi, sinar matahari dan bakteri. Tentu akan lebih enak jika melindungi ketimbang mengobati seperti step sebelumnya.

Itulah alasannya mengapa kita perlu memikirkan anggaran dalam memilih skincare. Supaya bisa berkelanjutan. Aku bisa membedakan antara dahulu sebelum mengenal skincare dengan saat ini. Kulitku yang sekarang jarang berjerawat, jika pemilihannya tepat kulit kita akan terlihat lebih cerah juga.


Tips Tambahan Cara Memilih Skincare untuk Pemula


Hal-hal kecil berikut perlu kamu jadikan pertimbangan dalam memilih skincare. Kebayang diriku yang dulu, saking banyaknya produk skincare dan bingung untuk memilih maka memutuskan untuk tidak menggunakan skincare.

Hanya saja, aku jadi tak percaya diri ketika hendak bertemu dengan teman-teman seumuran. Apalagi teman-temanku ternyata banyak di antaranya menjadi wanita karir yang sudah pasti memperhatikan penampilan. Sedangkan aku hanya di rumah saja, makin minder jadinya. Bukan hanya itu, aku juga cenderung menghindari bercermin dan berfoto.

Sebelum belanja skincare kamu juga perlu memperhatikan hal-hal remeh tetapi tak sepele manfaatnya berikut ini ya:


1. Bacalah label produk dengan cermat

Pastikan Vervain membaca label produk dengan cermat sebelum membeli. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Cari tahu apa saja kegunaan dari bahan-bahan yang terkandung. Apakah sesuai dengan klaim yang diberikan?

Kamu harus mulai mengenal bahan-bahan yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulitmu. Selain itu pastikan produk yang kamu gunakan adalah produk yang sudah disertifikasi oleh BPOM.

Kamu juga bisa mulai memilih produk yang tidak menggunakan hewan saat pengujian produk, produk yang aware terhadap recycle kemasan produk. Selain melihat masa kadaluarsa produk, kamu juga harus perhatikan waktu produk layak pakai setelah segel terbuka pada kemasannya.


2. Hindari Produk dengan Bahan-Bahan yang Keras

Pilihlah produk dengan kandungan antioksidan & antiinflamasi agar saat kamu gunakan tidak menimbulkan reaksi alergi. Produk dengan bahan-bahan yang keras dapat mengiritasi kulit, terutama kulit sensitif. Kamu juga harus menghindari produk dengan kandungan merkuri yang jelas-jelas merusak lapisan barrier kulit kita.

Kamu harus pastikan produkmu sudah memiliki izin edar, supaya tidak tertipu dengan kandungan bahan yang tertera pada label.


3. Cobalah Produk Secara Langsung

Jika memungkinkan, cobalah produk secara langsung sebelum membeli. Kamu dapat meminta sampel produk dari toko. Mengoleskan pada kulit tangan untuk memeriksa produk yang akan dibeli tidak menyebabkan alergi pada kulit. 


4. Periksa Review Produk dari Pengguna

Jika tidak bisa mencoba produk secara langsung, kamu bisa menanyakan kepada beberapa pengguna mengenai produk yang kamu inginkan. Jika kamu memiliki teman atau keluarga yang memiliki pengalaman menggunakan skincare, Vervain dapat meminta saran dari mereka.

Sudah lumayan lengkap kan ya step-step yang kubagikan? Aku cenderung mencoba produk yang memiliki review bagus dari pengguna, dan menyesuaikan dengan budget tentu saja. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu mendapatkan cara memilih skincare untuk pemula yang tepat. Cocok untuk kulitmu! Kalau kamu punya tips ampuh lainnya kasih tahu aku dong di kolom komentar!



Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar