Kids Fun Parcs Yogyakarta: Vanya Playdate Berdua dengan Abi

 

kids Fun Yogyakarta

Kids Fun Parcs Yogyakarta merupakan wahana permainan anak, dimulai dari anak berusia dua tahun. Wahana ini merupakan frenchise yang berasal dari Belanda, yang mulai beroperasi sejak tahun 1998. Sesuai dengan namanya, tempat ini dibuat khusus untuk anak-anak. Beberapa permainan hanya bisa dimainkan oleh anak usia 2 - 13 tahun. Meski tetap ada permainan yang bisa dimainkan hingga usia dewasa.

Abi merasa perlu memanjakan Vanya saat Aida baru lahir. Ia rasa gadis kecilnya pasti terusik dengan kehadiran sosok mungil yang kemudian menyita perhatian mamanya. Makanya sepulang dari Bekasi ia mengutarakan keinginannya padaku untuk mengajak Vanya jalan-jalan.

Tentu aku menyetujuinya, aku memang tak bisa menemaninya sebanyak dahulu. Vanya sejak lahir memang selalu butuh perhatianku, tipe yang tidak bisa bermain sendiri. Terkadang aku harus merelakan beberapa pekerjaan rumah tangga terbengkalai sebab Vanya ingin bermain denganku.

Keputusan terakhirnya Vanya hanya akan pergi berdua dengan Abi. Sebab aku merasa akan capek di perjalanan jika harus ikut dengan mengajak Aida yang masih bayi. Jadilah mereka berdua nge-date seharian dari pagi hingga malam.

Perjalanan Seru Abi Mengajak Vanya Ke Kids Fun Parcs Yogyakarta

Lokasi kami berada di Kulon Progo waktu itu, sedangkan Kids Fun berada di Bantul. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan. Lokasi Kids Fun berada di jalan Yogyakarta - Wonosari, Abi dan Vanya berangkat naik motor dari rumah pukul 7.00 WIB pagi. Kebiasaan Vanya tidur di motor membuat perjalanan mereka menjadi lebih lama. Terbayang ya rempongnya Bapak-Bapak demi menyenangkan hati anaknya. I love you to the moon and back, Abi.

Ini adalah kali pertama Mbak Vanya pergi berdua seharian dengan Abi. Perjalanan ini merupakan perjalanan yang tak terlupakan untuk Mbak Vanya, dan membuat cinta untuk Abi tumpeh-tumpeh. Pulang pergi tidur di jalan, beruntungnya membawa selendang jadi Mbak Vanya enggak merosot melulu.

Luas area 5 hektar ini, ada tiga atraksi yang menjadi unggulan di Kids Fun, yaitu Wahana Taman Bermain, Gokart, dan Aquasplash. Ada yang bertanya Kids Fun itu apa? Yuk kita simak keseruan Vanya dengan abinya!

Face Painting Lucu di Kiosks Kids Fun

Sebelum menuju taman bermain, Abi mengajak Vanya mampir ke face painting. Keseruan dilukis wajahnya dengan karakter yang dipilih Vanya menjadi topik yang tak lekang dari ceritanya selama berbulan-bulan. Rupanya aktivitas itu menjadi daya tarik tersendiri untuknya. Vanya merasa begitu bahagia dengan riasan kupu-kupu yang ia pilih.


Kids Fun Parcs Yogyakarta
Vanya menikmati saat dilukis wajahnya

Face painting ini di luar harga tiket ya guys, untuk estimasi harganya sudah lupa. Hehe ... Vanya berkisah kalau dirinya merasa exited banget, waktu dilukis rasanya penasaran dengan hasilnya. Alasan memilih motif ini karena waktu itu warna favoritnya adalah ungu, sedang gambar kupu-kupu ini didominasi dengan warna ungu. Ada gliter cantik yang membuat Vanya jadi tambah unyu-unyu.


Kids fun parcs yogyakarta
Hasil face painting, Vanya jadi unyu-unyu

Wahana Taman Bermain di Kids Fun Parcs Yogyakarta

Ada lebih dari 28 wahana seru yang bisa dimainkan oleh anak. Seperti yang kukatakan tadi, tempat ini dibuat untuk anak mulai dari usia dua tahun, tetapi mayoritas wahana permainan di sini dibuat untuk anak berusia 3 - 14 tahun. Wahana bermain dibagi menjadi tiga kelompok yaitu wahana untuk anak, wahana untuk seluruh keluarga dan wahana menegangkan.

Wahana untuk anak:  Arung Jeram, Driving School, Fantasy Umbrella, Funny Boat, Herby's, Kereta Ulat, Magic Castle, Mini Jet, Mini Wheels, Motor Harley, Old dream, Santa Fe Train

Wahana-wahana di sini aman untuk dimainkan oleh anak sendiri, orang tua bisa mengawasi dari jauh. Menurutku kegiatan seperti ini memang bisa diperkenalkan sejak dini, anak-anak diajarkan untuk berani menggunakan permainan hanya diawasi oreng tua dari kejauhan. Membuat anak belajar untuk mandiri dan percaya diri.

Kids Fun Parcs Yogyakarta
Wahana Mini Jet Kids Fun

Kids Fun Parcs Yogyakarta
Wahana Swinger Kids Fun

Kids Fun Jogja
Wahana Arung Jeram Kids Fun

Kids Fun Jogja
Wahan Magic Castle Kids Fun

Kids Fun Parcs Yogyakarta
Wahana Old Dream Kids Fun
Sebagai catatan untuk memasuki wahana magic castle setiap anak diwajibkan memakai kaus kaki. Alangkah baiknya jika menyiapkannya dari rumah, kalaupun tidak membawa kaus kaki bisa membeli di tempat souvenir.

Wahana untuk Seluruh Keluarga: Aqua Bike, Bear and Honey, Blaster Boat, Bumper Car, Coin and Minway Game, Driving School, Fantasy Umbrela, Flying Fox, Funny Boat, Grand Canyon.

Wahana seperti Driving School, dan Funny Boat bisa dimainkan sendiri oleh anak atau ditemani oleh pendamping atau orang tua. Tidak banyak foto yang tersimpan untuk kategori ini. Sepertinya Abi tidak bisa ambil foto.

Kids fun jogja
Wahana Jurasic Park Kids Fun
Pada wahana Jurasic Park ini, anak beserta keluarga menaiki kereta untuk mengelilingi taman dinosaurus. Ada goa berbentuk mulut dinosaurus dengan hiasan lampu dan sound menyerupai dinosaurus. Menurut Vanya saat itu, agak menyeramkan tetapi karena ditemai Abi jadi ia enggak ketakutan.

Wahana yang Menegangkan: Adventure Coaster, Flying Fox, Paratrooper, dan Wall Climbing. Adventure Coaster merupakan wahana baru hasil inovasi penambahan wahana di Kids Fun Yogyakarta. perjalanan menegangkan ini memiliki peraturan minimum tinggi anak 125 cm.  Atraksi Flying Fox di sini dengan ketinggian menara 17 meter. Anak-anak akan merasakan sensari meluncur seperti super hero, permianan ini diperbolehkan dari anak berusia 3 tahun. 

Atraksi Parotrooper ini, baru bisa dinikmati untuk anak dengan tinggi minimum 120 cm. Atraksi berputar di udara ini cukup menguji adrenalin. Jika menyukai tantangan yang menegangkan wajib mencobanya. Atraksi yang keempat adalah wall climbing. Ada dua medan yang disediakan untuk anak mulai dari usia 3 tahun, dan track untuk orang dewasa. Pada permainan ini apabila mampu sampai atas maka ada hadiah yang menanti. Ada pula paket wall climbing dan flying fox jika kamu ingin memanjat sekaligus terbang. kamu bisa membeli tiket untuk ini.

Kolam Renang Aquasplash Kids Fun Parcs Yogyakarta

Di kolam renang Aquaspalsh ini terdapat banyak kolam diantaranya, kolam dengan payung raksasa, kolam untuk balita disertai permainan seluncur dan air mancur,kolam untuk dewasa,  kolam dengan ember tumpah dan lainnya. Ada slide setinggi 7,5 meter dan panjang 52 meter yang akan membuat berenangmu menyenangkan

Bawa baju renang ya, waktu itu Vanya enggak bawa jadi harus membeli di tempat souvenir. Ukurannya kebesaran, jadi waktu di sana sepertinya diikat sama abinya. Ketika sampai rumah dipermak sama utinya sehingga bisa pas untuk dipakai berenang Vanya.


Kids Funs Parcs Yogyakarta
Aquasplash setelah ganti baju

Wahana Yogya Gokart Kids Fun Parcs Yogyakarta

Ada empat macam gokart yang tersedia yaitu gokart eagle (single), gokart double (ganda), gokart talon (usia 6-12 tahun), gokart pro (4 stroke power, 350 cc, 8,4 hp/ 3600 rpm). secara keseluruhan ada 30 unit gokart.

Memiliki empat medan yang memiliki perbedaan tingkat kesulitan. panjang jalurnya 460 meter, jalan aspal yang halus. Memiliki karting lap system yang membuat pengemudi mendapat cetakan kecepatan lap.

Menikmati Ice Cream Rasa Buah di Ice Cream Shop Kiosks Kids Fun

Bapak multitasking ini waktu makan siang harus menyuapi Vanya, memandikan dan mengganti baju Vanya ketika berenang. Sembari beristirahat sebelum mereka bermain air di kolam renang,Vanya dan Abi membeli es krim di Kiosks yang ada di lokasi Kids Fun. Menurut Abi, rasa es krimnya enak, masih terasa buahnya. Ada serat-serat buah yang memang sengaja tidak dihaluskan sempurna.

Selain Ice Cream Shop ada pula Fresh Juice Stall, Pop Corn Stall, Cotton Candy Stall, Sausage and Potato Fuel Spiral Stall.Nah di tempat ini jugalah Face Painting Stall berada. Camilan yang disediakan sungguh menarik minat anak-anak ya.

Kids Fun Parcs Yogyakarta

Kids Fun Parcs Yogyakarta
Wajah Cemong Vanya karena eskrim stroberi

Belanja di Pusat Souvenir


Sebelumnya kami belum pernah ke Kids Fun, jadi persiapan yang dilakukan juga kurang sempurna. Aku hanya membawakan baju ganti, karena nanti pasti akan kotor meskipun tidak bermain air. Aku hanya menyetujui saja, tanpa meriset ada wahana apa saja dan butuh apa saja untuk di sana.

Abi membeli kaus kaki, baju renang untuk Vanya dan celana renang untuk dirinya sendiri. Selain itu Vanya juga dibelikan kaus dengan tulisan kids fun berwarna ungu muda sesuai warna kesukaannya. Sepertinya Vanya yang memilih kaus itu.

Selain baju, di pusat saouvenir ini menjual bermacam marchendise Kids Fun, boneka-boneka lucu, mainan anak dan berbagai macam benda lainnya.

Jika ingin menghemat pengeluaran maka sebaiknya membawa kaus kaki dan baju renang dari rumah. Soalnya ketersediaan baju berenang di sana belum tentu cocok dengan ukuran anak kita.

Jam Operasional Kids Fun Parcs Yogyakarta

Kids Fun ini buka 365 hari dalam setahun, dengan kata lain tidak pernah tutup. Seperti yang sudah aku sampaikan di atas, ada tiga atraksi yang tersedia di Kids Fun Parcs Yogyakarta. Ternyata dari ketiga atraks tersebut bmemiliki jam operasional yang berbeda-beda. Supaya kamu bisa memanfaatkan waktu dengan maksimal, maka sebaiknya kamu mengetahui pembagian waktu ini. Jadi agenda kamu nggak akan salah, bagian yang cepat tutup adalah tempat yang kamu dahulukan untuk bermain.

Operasional Taman Bermain

Senin s/d Jumat buka pada pukul 09.00 - 17.00 WIB. Hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional pukul 09.00 - 18.00 WIB

Operasional Yogya Gokart

Senin s/d Jumat buka pada pukul 09.00 - 21.00 WIB. Hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional pukul 09.00 - 22.00 WIB

Operasional Kolam Renang Aquaspalsh

Senin s/d Jumat buka pada pukul 08.00 - 17.00 WIB. Hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket Kids Fun Parcs Yogyakarta

Harga tiket ini berbeda-beda pada masing-masing atraksi. Harga tiket promo untuk 26 wahana di taman bermain adalah 85.000,- IDR. Tiket untuk masuk ke Kolam Renang Aquasplash adalah 20.000,- Harga terusan tiket taman bermain + Aquasplash sebesar 100.000,- IDR

Harga tiket bermain gokart dimulai dari harga terendah untuk bermain gokart selama lima menit yaitu 65.000,-IDR sampai dengan harga bermain selama sepuhuh menit sebesar 120.000,- IDR

Ada tiket dengan kartu VIP keanggoitaan yang disediakan oleh Kids Funs Parcs Yogyakarta tahunan. Selain itu ada pula harga paket dengan bermacam-macam kategori untuk kelompok yang pastinya lebih hemat. Selengkapnya bisa diakses langsung ke https://kidsfun.co.id/tickets.

Bermain ke Kids Fun Jogja berdua Abi memberi beberapa pengalaman menarik untuk Vanya yaitu, menambah keberaniannya dalam bermain sendiri hanya diawasi dari kejauhan, menambah bounding antara anak perempuan dengan cinta pertamanya, mengenal dinosaurus, menambah kemampuan motoriknya.

O iya, ada yang terlewat dari informasiku, ada Kids Fun Kingdom biasanya digunakan untuk drama musikal. Ada beberapa show yang rutin dilakukan setiap hari. Ada pula yang digelar pada setiap akhir pekan dan hari libur nasional saja. Selain itu Kids Fun Jogja juga sering mengadakan event besar untuk anak-anak seperti yang baru-baru ini dilakukan yaitu lomba atraksi bermain lato-lato, lomba mewarnai dll.

Menurutku jika ada kesempatan kamu juga bisa mengajak anak-anak untuk bersenang-senang di sini. Sepertinya momen menyapih dengan cinta bisa dilakukan di sini deh. Anak-anak akan lupa minta jatah nenen karena permainan seru yang ada di sini. Iya kan ya, permainan di sini beberapa bisa dimainkan dari usia dua tahun. Pas banget dengan momen menyapih.

Jangan lupa untuk pantengi akun Instagram @kids_fun_yogyakarta untuk mendapatkan informasi harga promo tiket Kids Fun Parcs Yogyakarta ya! Bagaimana, kamu tertarik untuk ke Kids Fun Jogja?


Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

14 komentar

  1. Keren! Paling suka kalo ada playdate anak gadis dengan ayahnya. Kelak akan jadi cerita yang dia kenang dengan bahagia dan bangga. Bonding penting juga untuk anak dan ayahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentunya Mbak, sekarang Aida jadi iri lihat foto-foto mbaknya. Pingin juga main ke sana bareng abinya. Muehehe

      Hapus
  2. Keluarga sakinah membuat kelekatan anak dengan orang tua saat me time menginspirasi keluarga Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah tabarakallah, semoga semua anak-anak bisa merasakan kebahagiaan yang sama dengan orang tuanya. Aamiin

      Hapus
  3. Seru banget ya ini bun buat jalan-jalan sama anak, apalagi yang face painting, jadi pengen ajak adikku ke sini deh, pasti dia suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Face painting ini memang bikin Vanya bahagia banget. Meskipun ekspresinya takut lipen dan riasannya luntur jadi tegang gitu, tapi doi beneran happy.

      Hapus
  4. Paintingnya lucu..hehe... Mudah-mudahan bisa maen ke Kids Fun Parcs Yogyakarta. Kadang kalau mudik ke sana ke tempat Mbah juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah mudik ke Jogja juga nih, semoga nanti ada waktu untuk ke Kids Fun ya Pak

      Hapus
  5. lucu banget wajahnya di lukis, anak pasti suka ya apalagi dijajanin es krim sambil main berbagai macam wahanan di Kids Fun Parcs Yogyakarta, seruu!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru Mbak, yang tadinya emak cemas jadi ikutan hepi denger cerita-ceritanya.

      Hapus
  6. Anak-anak pasti hepi nih diajak ke Kids Fun Parcs Yogyakarta. Banyak wahananya dan ada kolam renang juga. Eh lucu juga ya wajah anak dilukis gitu

    BalasHapus
  7. Dulu pernah kesini pengen banget main gokart tapi malah belum cukup umurnya hihihi

    BalasHapus
  8. Ah suka banget lagi di part lukis bagian mataaa, Q time bareng ayah MaasyaAllah

    BalasHapus

Posting Komentar