Progo Arum River Park Restaurant: Romantika Santapan Lezat dan Arung Jeram

Makan steak ayam dan kopi robusta sambil menikmati suasana pingir kali Progo. Gemericik air terkadang bertaut dengan psiturism yang berarti angin berbisik. Asal kata psiturism adalah psithuros berasal dari Yunani. Cara pembacaan bahasa inggris ini dengan menghilangkan huruf 'p' di awal kata menjadi sith-err-iz-em. Ungkapan untuk bunyi angin dan dedaunan. Suasana seperti ini bisa di dapatkan di Progo Arum River Park Restaurant.

Progo Arum Riverpark restaurant


Ada Romantika Arung Jeram di Progo Arum River Park Restaurant

Beberapa kali sebelum aku datang sendiri ke sini. Bapak sering mengirimiku foto tentang kegiatannya bersama rekan kerjanya yang kebetulan sedang dilakukan di Progo Arum River Park Restaurant ini. Mereka melakukan meeting dengan memesan tempat, snack dan makan siang di sini.

Aku mencobanya karena anak-anak ingin makan steak, sedang tempat yang kami tuju ternyata sudah alih fungsi menjadi toko lain. Di tengah perjalanan adikku mengusulkan untuk datang ke sini. Kesan saat pertama kali singgah adalah suasananya tenang. Meski tak jauh dari jalan raya, tetapi tempat ini membuatku bisa rehat dari suasana ramainya kendaraan bermotor di jalanan.

1. Pendopo Progo Arum Tempat Meeting yang Luas

Progo Arum Riverpark Restaurant
Pendopo Progo Arum pic: Facebook Progo Arum


Bangunan Pendopo ini terletak di paling depan, berdekatan dengan tempat parkir. Tempatnya luas, bisa untuk pertemuan skala besar. Penerangannya juga bagus, sehingga mendukung untuk dilakukan meeting di sana. Selain Bapak, adikku juga biasa melakukan pertemuan parenting dengan sesama orang tua murid, jika ada persoalan untuk dibicarakan.

Terlebih pemilik di sini selain seorang guru, pun sekaligus wali murid dari kelas yang sama dengan adikku. Birokrasinya mudah, katanya sambil tersenyum menyipit. Selain tempatnya yang luas, Progo Arum ini dilengkapi dengan mushola juga. Jadi tak perlu buru-buru, jika rapat belum selesai bisa rehat sembari menjalankan ibadah.

2. Ada Tempat Menginap

Progo Arum Riverpark Restaurant
Penginapan Progo Arum yang nyaman. Pic: Instagram Progo Arum


Progo Arum menyediakan kamar bagi pelancong yang ingin menginap di sana. Desain bangunannya dari kayu, menjadikan tempat ini aestetic. Kamu bisa melakukan reservasi, sebab mereka hanya menyediakan beberapa kamar saja.

3. Bergaya Cafe dan Restaurant

Progo Arum Riverpark Restaurant


Selain menyediakan makanan berat, restaurant ini juga menyediakan kopi robusta yang enak. Ketika aku ke sana ada beberapa pemuda yang nongkrong di sana.

Selain makanan berat seperti steak ayam, steak ayam geprek, nasi goreng, soto, serta menu prasmanan khas tradisional pada hari tertentu. Di sini juga menyediakan aneka minuman seperti jus, kopi, teh dan lain-lain. Selain itu ada camilan yang tak kalah enak, yaitu mendoan, cireng, dan gebleg (makanan khas Kulon Progo).
 

4. Menyediakan Paket Outbond Natural

Progo Arum Riverpark Restaurant
Acara Outbond yang seru untuk anak-anak. Pic : Instagram Kopi Westprog

Pendopo yang besar bisa digunakan untuk base-camp anak-anak yang hendak melakukan outbond. Outbond di sini ada beragam, menelusuri hutan jati dan juga mengeksplor kali Progo. Selain untuk outbond, tempat ini juga digunakan untuk latihan bela diri. Keren sekali ya aktivitas yang diadakan oleh Progo Arum.

5. Mini Rafting Progo Arum


Progo Arum Riverpark
Mini Rafting Progo Arum. Pic: Instagram Kopi West Prog

Salah satu cara mengeksplor kali Progo adalah dengan menjajal arusnya. Kali Progo ini membentang dari Temanggung, melalui Magelang dan berakhir di Yogyakarta. Bermuara di Pantai Selatan. Arusnya yang bagus, Kali Progo memang jadi andalan untuk memacu adrenalin. Baik yang berada di daerah Temanggung, Magelang dan Kulon Progo ini. 

Posisinya yang mepet kali Progo, memang tepat jika pihak pengelola menjadikan restorannya juga sebagai base-camp untuk bermain arung jeram.

Seru bukan, tempat nongkrongku. Aku beberapa kali main ke sini. Kebetulan waktu yang kami pilih biasanya menjelang mahrib. Anak senja kita. Nanti, sembari menanti hidangan kita bisa melakukan shalat di mushola. Bagi anak-anak tempat ini seru, bayak hal yang bisa dieksplor, bisa berlarian di area bawah, di sana ada kelici yang dilepas. Aktivitas menggoda kelinci membuat anak-anak tak jenuh menanti steak ayam mereka.

Restoran ini tak jauh dari tugu garuda Dekso, jika kamu hendak mengunjungi Desa Wisata Nglinggo, kalian bisa mampir, dari arah perempatan Dekso menuju ke arah Jembatan Kreo. Sebelum jembatan akan ada plang petunjuk arah. Belok kiri, masuk sedikit lalu kalian akan bertemu dengan Progo Arum Riverpark Restaurant. 
Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

14 komentar

  1. seru banget ada Mini Rafting :D jadi pengen liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak, aku pingin cepat-cepat anak gede, boar bisa rafting bareng. Tapi trus timbul peportanyaan, ketika mereka gede apa aku masih punya nyali? Hehehe

      Hapus
  2. Lah bener juga yah. Pengennya rafting bareng anak-anak. Eh...Mamanya malah engga berani. Btw...penginepannya kayaknya asri ya Mbak. Habis capek rafting, lanjut istirahat, nginep enak juga. Berapa ya ratenya?

    BalasHapus
  3. Soooo Romantic banget yah makan berdua dipinggir sungai bertemakan cahaya lilin dan nyanyian alam betapa syahdunya.

    BalasHapus
  4. Penginapannya asri dan bikin adem. Paling suka tempat wisata yg ada area outbondnya gitu, anak-anak bisa menguji adrenalinnya. Kalau mamanya cukup foyoin saja deh, tifak berani hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seksi dokumentasi ya Mamanya, sama seksi konsumsi tetep dimanapun berada. Kedua jobdesk ini nggak bisa lepas. hehe

      Hapus
  5. Seru kak, raftingnya yang bikin seru. Menguji adrenalin. Masuk list ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, saya rasanya pingin banget rafting tapi takut klelep. hehe

      Hapus
  6. restauran bertema alam dan sungai menarik ya, kalau disini di Bandung restauran seperti progo arum river park hanya ada di ciwidey dan pangalengan kayaknya. kalau di kota gak bisa, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Sungai progo ini kalausampai di wilayah Yogyakarta sudah lebar banget. Jembatan di sini juga enak buat poto-poto. Hihi

      Hapus
  7. Duh kapan ya bisa berkunjung kesana?alami, menyenangkan, asri dan lengkap bila berkunjung.

    BalasHapus

Posting Komentar