Begini Pesona Pantai Kertomulyo, Instagramable Banget

Pesona Pantai Kertomulyo
Waktu memang tak berhenti berputar, perkembangan pariwisata di daerah Pati juga semakin meningkat. Kini banyak bermunculan wisata pantai, hal ini membuat kondisi pantai menjadi lebih asri dan bersih.

Bicara Blak-blakan Tentang Pesona Pantai Kertomulyo

Secara geografis Pati tak hanya memiliki dataran tinggi, dan dataran rendah saja. Pati juga memiliki wilayah pesisir yang membentang. Selain terkenal sebagai daerah tambak garam terbesar se-Jateng, dapat dijumpai pula tambak ikan.

Pesona Pantai Kertomulyo
Foto: IG @pantaikertomulyo
Wilayah pesisir Pati, terdapat berjajar tambak yang membentang sebagai area mata pencaharian para petani tambak. Menghasilkan berbagai macam komoditas perikanan seperti ikan bandeng, nila, kepiting, udang, dll. 

Sejak 2017 lalu mulai dilakukan konservasi mangrove. Sekarang kondisi mangrove di sana sudah banyak yang rimbun. Pun juga masih terus ditanami pohon baru.

Sebelumnya pantai daerah Pati bukanlah tempat pariwisata yang nyaman, tetapi kini disulap menjadi enak dipandang, dan berpotensi meredakan stres.


Daya Tarik Pantai Kertomulyo

Pertama tahu Pantai Kertomulyo ini dari googling, dilanjutkan dengan stalking di IG-nya. Perburuan area wisata yang dekat dengan rumah mertua. Pantai ini berada di Desa Kertomulyo, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati.
Pesona Pantai Kertomulyo

1. Save Cost alias Wisata Irit

Lokasi pantai ini berada di kecamatan tetangga, hanya butuh pertalite 10.000 IDR untuk bolak-balik. Worth it banget kan untuk kukunjungi. 

Biaya masuknya murah 5.000,- IDR sudah termasuk biaya parkir sepeda motor. Jika menggunakan mobil dikenakan biaya parkir 6.000,- IDR.

Ramah kantong juga untuk jajanan yang ada di sana. Cocok pula untuk dompet pelajar. Bisa banget nih untuk hang out bersama teman-teman.

2. Banyak Spot Foto yang Instagramable

Suasana pantai yang khas dengan deburan ombak dan suara riuh angin bertiup. Ditambah dengan penataan lokasi yang instagramable, cukup mengobati penat. Latar birunya langit yang membentang menambah keindahan panorama.


Pesona_Pantai_Kertomulyo
Beberapa spot foto di Pantai Kertomulyo

Beberapa unggahan foto di instagram pada suasana senja dan juga fajar tampak epik. Bisa menjadi tempat yang seru untuk berburu sunset dan juga sunrise.

3. Menara Pandang Khayangan

Meskipun belum berupa bangunan permanen tetapi bagi saya ini adalah tempat yang nyaman. Saat berada di atas ketinggian, angin kencang menyapu wajah kita, menambah suasana keindahan pantai. 

Area tambak yang luas, hijaunya hutan mangrove, luasnya lautan, serta langit yang seolah memayungiku menjadi kesatuan yang tak ingin kulupakan.

Pesona Pantai Kertomulyo

Pesona Pantai Kertomulyo

Pesona Pantai Kertomulyo
Membuatku merasa begitu mudah bahagia, begitu mudah jatuh cinta pada kuasa-Nya. Impas rasanya, kejenuhan melihat dapur dan tetek bengek urusan rumah tangga dibayar dengan mengakrabi indahnya ciptaan-Nya. Belum lagi, takjubnya melihat kawanan burung blekok terbang di atas kita.

4. Mengenal Jenis Mangrove

Di pantai kertomulyo ini ada beberapa jenis bakau yang ditanam. Pengunjung bisa berkenalan dengan jenis tanaman bakau, ada papan bertuliskan nama ilmiahnya. Jika tak ada papan tersebut, maka aku akan berpikir bahwa tanaman bakau yang ditanam adalah jenis yang sama.
Pesona Pantai Kertomulyo

5. Ada Fasilitas Mushola dan Kamar Kecil

Sebetulnya tak asing ya, jika di area wisata terdapat fasilitas ini. Sudah barang tentu menjadi fasilitas yang wajib ada. Apalagi ketika kita pergi bersama anak-anak, ketersediaan kamar kecil ini menjadi suatu kebutuhan.

Meski tak selalu menggunakan, tetapi menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Selain itu bentuk musholanya unik lho.

Baca juga: 

 

Ramah untuk Anak Enggak Sih?

Pantai Kertomulyo ini merupakan pantai dengan setting hutan mangrove, area untuk sampai pada bibir pantai melewati jembatan kayu. Di samping kiri dan kanan jembatan kayu adalah tempat habitatnya tanaman bakau. Berupa perairan dangkal berlumpur, untuk anak usia dini sebaiknya dijaga dengan baik.

Begitu pula dengan jembatan yang berada di tepian pantai, di sana perairan lebih dalam. Ombaknya tidak terlalu besar, tetapi anak-anak harus full pengawasan orang tua.
Ada arena bermain perahu bebek, anak-anak akan menyukainya.

Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Aku termasuk golongan orang-orang yang dicintai nyamuk. Jadi akan lebih menyenangkan jika aku menggunakan lotion yang semerbak sehingga nyamuk tidak akan mendekatiku.

Saat pertama datang ke sana sehabis Shalat Asar, aku merasa terganggu dengan kehadiran beberapa nyamuk. Aku memilih untuk banyak bergerak sehingga nyamuk tak memiliki kesempatan untuk mengajakku bercengkrama. Jika membawa anak balita pastikan aman dari gangguan nyamuk ya!

Layak Direkomendasikan Enggak Sih Pantai Kertomulyo?

Bagi Teman-Teman yang kebetulan sedang menyambangi Kota Pati, pastikan untuk mampir ke Pantai Kertomulyo. Tak perlu membawa ganti baju kok, sebab pantai di sini bukan wisata renang. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan, berfoto, bercengkrama, menikmati kudapan, serta menikmati indahnya panorama.

Bagi yang sedang pulang kampung, ajak Bapak/Ibu/Mbah untuk ngisis di Pantai Kertomulyo. Sekalian membawa potluck, berpiknik bersama keluarga yang lama tak bertemu tentu akan memberikan kesan yang mendalam.

Yuk kita agendakan pulang kampung berikutnya ya. Masih ragu dengan keindahan panoramanya, cek langsung ke lokasi.
Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Wow .... semua poin di atas ini sudah yang paling penting dipertimbangkan ketika berwisata. Untuk masuknya murah banget, Banyak spot instagrammable, dll ... puas deh ya pastinya dan Pantai Kertomulyo memenuhi semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, dengan adanya sektor wisata ini, kondisi pantai jadi terawat. Nggak banyak sampah numpuk. Mungkin kalau semakin bagus wisatanya bisa membuat gerakan pengelolaan sampah dari hilir, artinya bekerja sama dengan desa-desa lain untuk menjaga kebersihan pantai.

      Hapus
  2. Murah ya kak. Cuma 5 ribu buat parkir. Kertomulyo ini juga instagrammable. Yang gak kalah penting saat liat menara pandang, MasyaAllah cantik banget memang lukisan ilahi. Para Emak liat begini aja langsung fresh karena sehari-hari sudah lelah dengan pekerjaan rumah tangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mbak, supaya nggak jemu dengan rutinitas.Dan ini murah banget, nggak bikin boncos akhir bulan.

      Hapus
  3. waduh, wisata pantai selalu saya rindukan, maklum di sini penduduk gunung.. semoga kelak saya bisa direzkikan melihat pantai yang indah seperti Pantai Kertomulyo ini

    BalasHapus
  4. Di pantainya itu kira-kira rame orang apa nggak Mbak? Soalnya, kalau saya lihat sekilas di foto-fotonya, kayaknya belum terlalu ramai. Atau mungkin karena datangnya pas weekday ya? (Zen)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini weekday dan waktu itu ke sana pas baru-baru PPKM dicabut itu. Orang-orang lagi pada sibuk ngadain resepsi nikah hehe.

      Hapus
  5. Ya Allah, keren banget. Banyak spot foto bagus pula. Tapi betul itu kalau ke hutan mangrove kudu siapin anti nyamuk plus kipas atau tisu basah dan air minum yang banyak. Hehehe

    BalasHapus
  6. Pati itu di jawa tengah ya mba?
    Saya suka banyak spot poto yang potoable, instagramable.
    Apalagi biaya masuknya murahable..
    Wah syuka syekali sayah ☺️

    BalasHapus
  7. MasyaAllah indah bangett ya mbaa..
    pantai dlu kayaknya ngga gini yaah, seru banget spot fotonyaa

    BalasHapus
  8. Waah cakep banget dan terawat yaa next timee maau kesana kalau ada kesempatan...

    BalasHapus
  9. Indonesia kaya akan objek wisata ya mbak. Saya suka banget dengan pantai karena mendengar ombak bagaikan healing gitu. Btw masuk pantai Kertomulyo juga murah ya harga tiket masuknya

    BalasHapus
  10. Paling seneng kalau ketemu wisata mangrove yang gak terlalu banyak pengunjung seperti Pantai Kertomulyo ini. Apalagi kalau bawa anak-anak sekalian belajar tentang pentingnya melestarikan mangrove.

    BalasHapus

Posting Komentar