Margoyoso, Surga Belanja Kain di Pati

 

Surga Belanja Kain di Pati

Judul "Margoyoso Surga Belanja Kain di Pati" apakah tidak lebay? Namun, hal inilah yang kurasakan saat menemani keponakan suami mencari kain untuk ujian praktik SMK jurusan tata busana. Rasanya setiap jengkal Margoyoso ada toko kain.

Bagiku lebih mudah menemukan toko kain ketimbang mencari kepastian darimu. Tsaaah!

Tak perlu merasa digantung, bisa dengan mudah mencari tambatan yang lain jika begini. Sungguh tak perlu digantung, kain dengan motif, panjang, serta kualitas bahan yang tak kalah kece sudah melambai siap dipersunting. Siap berburu?

Beberapa toko, selain menyediakan kain dalam bentuk meteran juga menjual kain kiloan. Kain kiloan adalah kain sisa produksi yang dijual lembaran, ukuran setiap lembar kain berbeda-beda begitupun motifnya. Terkadang ada yang sama, tetapi biasanya memiliki motif yang sangat beragam.

Benar, Margoyoso Surga Belanja Kain di Pati?

Kecamatan Margoyoso memiliki banyak SMK tata busana, ternyata banyak pula penjahit rumahan yang memiliki ikatan pekerjaan dengan konveksi. Mungkin faktor itulah yang membuat menjamurnya toko kain. Ada permintaan konsumen sehingga toko kain di sini masih langgeng dari beberapa tahun belakangan.

Entah sekadar rumor yang kubuat atau benar-benar surga berbelanja kain  menurut kalian. Yuk disimak pengintaianku eh perjalananku menemukan kain yang cocok saat di sana.

1. Rumah Katun Babana

Surga belanja kain
Foto: Google

Menurutku ini adalah referensi terbaik untuk berburu kain katun. Kain katun dengan high class quality ada di sini. Motif yang kekinian, dengan harga yang bersaing. Stok motif yang mereka miliki selalu diperbaharui, penataan ruangnya rapi dan menarik.

Toko ini juga sering mengadakan promo, menariknya lagi promo ini hanya berlaku untuk pemesanan via online. Jadi buat kalian yang jauh di mata tetapi dekat di doa, tetap bisa berebut promo denganku. Azeeg!

Surga belanja. Kain di pati
Foto: Google

Kalau kalian ternyata butuhnya bukan kain katun, tenang Geng. Rumah katun Babana punya toko kain yang bernama Cendana Textile. Di sana berbagai jenis kain dijual. Alamatnya tidak jauh dari Rumah Kain Babana.

Kami ke Rumah Katun Babana untuk mengambil pemesanan via online sewaktu Babana mengadakan promo. Ini termasuk toko kain langganan keponakan. Selalu jatuh hati dengan motif kekinian yang keren.

Alamat toko: Jl. Raya Pati - Tayu No.17, Kulon Kubur, Waturoyo, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154

Akun Instagram: @rumahkatunbabanakatalog

2. Ratu Textile

surga Belanja Kain
Foto: Google

Ratu textile ini memiliki banyak pilihan bahan dan motif. Mulai dari kain katun, satin, bruklat, dan lain-lain. Harga kainnya juga beragam, bisa untuk grosir dan eceran.

Senang sekali, bisa berburu kain di sini. Toko ini selain membuka toko offline, juga online. Kalian yang kebetulan senang berburu kain, bisa juga melihat koleksi terbaru dari toko ini melalui sosial medianya.

Mau hunting baju untuk couple-an sama Ayang Beb, atau mau buat bingkisan lamaran, kalian bisa memilih sesukanya di sini.

Alamat toko: Sekarjalak, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154

Akun Instagram: @ratutextile.id

3. Fatimah Textile

Foto: Google

Toko kain ini berada di jalan utama Tayu-Rembang, tidak jauh dari Ratu Textile, selain menjual kain meteran toko ini juga menjual kain kiloan loh Geng.

Anak-anak SMK jurusan tata busana di Margoyoso tentu dimanjakan dengan adanya pilihan toko, pilihan harga serta motif yang beragam. Bukan cuma alAnak ABG, Emak-Emak sepertiku bisa leluasa memilih kain untuk homedress atau baju kondangan.

Alamat toko: Sekarjalak, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154

4. Aha Textile

Foto: Google

Toko ini adalah toko kedua yang kudatangi dengan keponakan. Di sana tidak hanya menjual kain katun, segala macam kain ada. Di sini juga menjual kain kiloan.

Saat berada di toko ini, kami mendapat kain hitam berbahan katun. Lebar kain itu 1,5 meter dengan harga 15.000 per kilo. Kami membeli dua kilo untuk keperluan membuat gamis tanpa kombinasi.

Alamat toko:  Kembangarum, Ngemplak Kidul, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154

5. Jaya Textile & Gordyn

Foto: Google

Selain menjual kain untuk membuat pakaian, tako ini juga memiliki koleksi gordyn kekinian yang lengkap. Merupakan salah satu toko gordyn andalan masyarakat Margoyoso dan sekitarnya.

Enaknya beli secara offline, kita bisa mengetahui kualitas barang secara langsung. Bisa memilih kualitas yang baik, sesuai dengan anggaran dana tentunya.

Alamat toko: Sekarjalak, Kec. Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59154

Sebetulnya masih banyak toko kain lainnya, aku pernah diajak Bulik dari suamiku berkunjung ke beberapa toko kain kiloan. Posisinya tidak di pinggir jalan seperti yang kuulas. Namun, stok kain yang dimiliki bagus-bagus.

Waktu itu aku mendapat beberapa lembar kain kiloan yang bisa kubuat couple-an dengan putriku. Harga kain kiloan jauh lebih terjangkau, tetapi lebar kain dan ketersediaan motif yang sama tidak banyak.

Tips Memilih Kain Kiloan

Jika menginginkan untuk seragam sekeluarga, karena jatuh hati dengan motifnya maka harus pintar-pintar memilih kombinasi. Kita kombinasikan dengan kain meteran yang jumlah bahannya banyak dan bisa ditemukan di toko mana saja. 

Ada juga tips jitu untuk memilih kain kiloan dariku, simak berikut ini:

1. Jangan Terpaku dengan Motif Menariknya.

Periksa setiap sisinya, terkadang ada motif reject jika tidak teliti. Kain reject biasanya akan dibanderol dengan harga yang lebih murah. Jika nekat membeli, maka akan menjadi tantangan seru dalam membuat pola. Memastikan agar motif reject tidak tampak pada gaun yang kita buat.

2. Ukur Ketersediaan Bahan.

Jika menemukan motif yang disukai, ukur panjang dan lebarnya. Meski membelinya dengan ditimbang, mengukur ketersediaan bahan penting, agar baju yang kita buat pas ukurannya. Supaya tidak kurang ya Geng.

3. Sabar dalam Berburu.

Kain kiloan biasanya tidak terpajang secara rapi. Pembeli harus memilih kain yang bertumpuk untuk menemukan kain yang disukai. Proses ini terkadang memakan waktu, makanya harus bersabar ya.

Demikian tulisan mengenai belanja kain di Margoyoso, ditutup dengan tips memilih kain kiloan dariku, semoga bermanfaat. Beri tahu aku dong, bagaimana kisah seru kalian dalam berburu kain kiloan di kolom komentar.

Seru kan, perjalanan kami dalam mencari kain. Kalau kamu senang nggak ya kalau diajak bermain ke Margoyoso, surga belanja kain di Pati versi aku?

Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar