Tips Memilih Serum untuk Mencerahkan Wajah

Memilih-serum-untuk-mencerahkan
Gambar pixabay

Kulit membutuhkan perawatan untuk mendapatkan kesan cerah, dan glowing. Salah satu andalan dalam perawatan wajah adalah dengan menggunakan serum. Tentu memilih serum untuk mencerahkan wajah memerlukan tips jitu.

Demi mendapatkan wajah glowing, tak jarang bagi perempuan harus merogoh kocek yang dalam. Sangat disayangkan jika tidak tepat dalam memilih serum untuk mencerahkan wajah. Keinginan untuk membuat wajah cerah dan glowing menjadi terhambat.

Bukannya makin glow up, bisa-bisa kulit mengalami break out, hingga bukan sekadar perawatan yang dibutuhkan melainkan pengobatan.

Simak Cara Memilih Serum untuk Mencerahkan Wajah

banyak-review-positif
Gambar pixabay

Serum adalah produk perawatan kulit dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi dalam formulanya untuk memberikan nutrisi intensif ke lapisan kulit. Serum wajah merupakan solusi untuk masalah kulit wajah, seperti flek, keriput, kulit kering, dan lainnya.

Bagi pemula sepertiku sangat penting untuk memahami cara memilih serum yang benar. Supaya perawatan kulit memberikan hasil yang maksimal 

 1. Pastikan Serum Terdaftar BPOM

Banyak beredar di pasaran kosmetik yang belum memiliki nomor registrasi BPOM. Kita harus selektif dalam memilih produk, pastikan produk yang kita gunakan aman. Salah satunya dengan jaminan kualitas dari BPOM.

BPOM akan menjamin bahwa setiap produk yang lolos sertifikasi merupakan produk yang aman di gunakan. Tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya yang merusak kulit atau penyebab kanker kulit. 

2. Pilih Serum Sesuai Jenis Kulit

Serum-sesuai-jenis-kulit
Gambar pixabay

Serum dengan kandungan pencerah memiliki banyak varian. Pastikan bahwa serum yang dipilih sesuai dengan jenis kulit. Supaya terhindar dari iritasi kulit karena kandungan bahan yang tidak sesuai.

  • Kulit berjerawat gunakan serum yang berbahan ringan
  • Kulit berminyak sebaiknya pilih serum yang mengandung hyaluronic acid.
  • Untuk kulit kering pastikan memilih serum yang mengandung emolie
  • Pilihlah hydrating serum untuk menyamarkan masalah kulit kombinasi
  • Kulit normal membutuhkan serum yang mengandung kolagen dan vitamin C

Sama-sama mencerahkan ternyata masing-masing kulit membutuhkan bahan aktif tambahan yang bisa mencerahkan sekaligus mengatasi permasalahan kulit lainnya.

3. Pilih Serum Menurut Teksturnya

Bermacam-tekstur-serum
Gambar pixabay

Ada empat macam tekstur serum yang disesuaikan dengan jenis kulit, yaitu cair, gel, lotion dan krim. 

Serum dengan tekstur cair dan gel memiliki karakteristik yang mirip dengan gel. Keduanya sama-sama cepat diserap di kulit, serum jenis ini sebaiknya digunakan di awal setelah skincare preparation. Biasanya diformulasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat yang membutuhkan skincare yang ringan dan tidak menutup pori-pori. 

Selanjutnya, serum bertekstur emulsi atau lotion. Serum jenis ini baik untuk jenis kulit kombinasi. 

Terakhir, Serum dengan tekstur krim. Serum jenis ini ditujukan untuk mengatasi masalah-masalah yang spesifik seperti kerutan di bawah mata dan sekitar bibir, bintik hitam dan kulit kusam. Biasanya cocok untuk kulit kering. Pemakaian serum jenis ini di akhir, untuk mengunci kelembapan.

4. Perhatikan kemasan dan PAO serum

PAO (Period After Opening) adalah masa aman Serum tersebut setelah dibuka. Pada label biasanya berbentuk icon jar terbuka dengan angka 3M/6M. 6M menunjukkan arti enam bulan masa aman serum digunakan setelah kemasan dibuka. 

Setelah enam bulan, Serum sebaiknya tidak digunakan lagi karena kualitas produk sudah berubah dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

5. Banyak Review Positif dari Pengguna

Serum yang baik biasanya memiliki banyak review positif. Untuk itu sebelum menentukan pilihan ada baiknya jika memeriksa review  serum yang akan dibeli.

Aku biasanya tertarik menggunakan jika teman-temanku merekomendasikan produk tersebut. Tentunya tanpa mengabaikan langkah memilih produk serum sesuai urutan.

Serum yang bagus biasanya memiliki informasi yang jelas pada kemasan. Mengenai komposisi bahan, klaim bahan aktif yang digunakan, masa kedaluarsa, PAO, serta informasi mengenai nomor registrasi BPOM.

Semoga tips memilih serum untuk mencerahkan wajah ini dapat membantumu dalam memilih serum andalan. Jika kalian memiliki tambahan tips jitu boleh di-shared di kolom komentar ya. Terima kasih dan selamat mencoba! 

Sukma (lantanaungu.com)
Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. PR banget nih buat mensyukuri nikmat Tuhan dengan perawatan,seperti dnegan serum yang memang memiliki kolagen dan kaya vitamin c.

    Mantab nih ulasannya, bikin tertarik nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, mau tampil natural tanpa polesan juga kudu rajin pakai skincare. Biar terasa sedao dipandang. Hehe

      Hapus
  2. Makasih infonya. Ilmu baru buat saya yang masih awam di dunia per skincare an.. 👍

    BalasHapus
  3. Sama-sama Mbak, aku juga masih belajar, pingin tahu aja biar ngerti manfaatnya. Seru Mbak belajar kaya gini, jadi inget zaman kerja dulu, kerjanya ngumpulin daftar pustaka.

    BalasHapus
  4. Wah, jadi dapat ilmu baru soal memilih serum. Selama ini bingung mau pakai yang apa. Berkat artikelnya mbak Sukma, jadi tau harus pilih serum yang cocok untuk wajah saya. Makasih infonya ya mba.

    BalasHapus
  5. Iya betul banget nih jangan asal pilih asal serum aja ya, apalagi sekarang serum banyaaaaakkkk banget, mupeng semu xixi

    BalasHapus
  6. yang penting harus tahu kebutuhan kulit dulu ya kak, baru deh bisa menentukan skincare apa yang akan dipakai

    BalasHapus
  7. bener banget mbak, kita perempuan memang kudu pakai skincare menurut q, karena zaman sekarang klo banyak yg bilang cantiknya natural sih masih agak gmn gtu ya, kecuali kalau kulitnya seperti kulit baby. Makasih ya mbak infonya, terkadang q juga bingung milih skincard yg cocok di kulit.

    BalasHapus
  8. ternyata ada cara khusus dalam memilih serum ya kak, jadi perlu ketelitian buat mencari serumnya nih

    BalasHapus
  9. Saya termasuk penyuka serum, Mba. Kayak ada yang kurang klo gak pakai serum. Nah, lo, ternyata ada yang kudu diperhatikan, ya. Apalagi yang PAO saya jarang merhatiin.

    BalasHapus
  10. aku baru mengetahui terkait PAO, selama ini aku hanya memperhatikan masa expired. Terima kasih infonya kak

    BalasHapus
  11. asyik dapat ilmu baru lagi tentang skin care, saya pun lebih memilih merawat daripada menutupinya dengan make up, karena saya tidak. bisa dandan 😀

    BalasHapus
  12. apapun itu proda skincare seyogyanya tidak memutihkan instant ya kak. adanya mencerahkan. terimakasih ulasannya kak, sangat membantu macem sy yg kadang kurang telaten dalam perawatan

    BalasHapus

Posting Komentar