BLANTERORBITv102

    Penyebab Bau Mulut

    Rabu, 29 Mei 2019
    Bismillahirrahmanirrahim 😍😍😍

    Sudah hari ke 24 tapi posting Blog masih hari ke-10 untuk BPN, Blogger Perempuan Network. Ga papa semangat Khatamin tema dan semangat khatamin Qur'an harus seimbang porsinya. Hahaha

    Tema kali ini mengusung tengang penyebab bau mulut. Ya salam ini mah aroma-aroma orang berpuasa gak jauh dari ini. Lalu apa sih penyebabnya? Yuk simak sedikit info berikut.

    1. Mulut kering

    Mulut kering ternyata menjadi faktor penyebab utama nafas orang berpuasa bau. Karena fungsi air liur sebagai anti bacterial yang menetralkan bakteri yang ada di mulut serta membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi.

    Produksi air liur pada orang berpuasa berkurang, jadi apabila orang yang biasanya tidak bau mulut bisa bau mulut saat berpuasa.

    2. Enzim dalam lambung berkurang

    Saat berpuasa, pasokan air minum berkurang sehingga enzim yang digunakan untuk mencerna makanan dalam perut berkurang. Makanan dalam perut yang terhambat proses pencernaannya dapat menghasilkan bau. Hal ini dapat mengakibatkan bau mulut.

    3. Gigi berlubang dan plak

    Meski tidak berpuasa gigi berlubang dan plak memang sudah menjadi faktor utama penyebab mulut bau. Karena sisa-sisa makanan lebih susah dibersihkan apabila terdapat gigi berlubang dan juga plak. Aktifitas bakteri dalam gigi berlubang membuat aroma mulut menjadi bau.

    Ditambah berkurangnya enzim ptealin atau kelenjar ludah, sehingga aktivitas bakteri lebih tinggi dari saat tidak berpuasa.

    4. Makanan

    Ada beberapa makanan yang menyebabkan bau mulut. Yaitu : bawang putih, bawang bombay, olahan susu, pete dan juga jengkol. Makanan tersebut apabila dimakan membuat mulut beraroma tak sedap. Untuk itu sebaiknya dihindari saat sahur menyantap makanan tersebut. Bisa-bisa orang-orang yang berada di dekat kita klepek-klepek. 😂

    Demikian beberapa faktor penyebab bau mulut tak sedap. Sekia, sampai bertemu lagi. Selamat menjalankan ibadah puasa.



    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email: sukmameganingrum@gmail.com

    1. numpang share ya min ^^
      bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
      daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
      F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
      ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
      || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

      BalasHapus