BLANTERORBITv102

    Kenali Diri agar Bahagia || NHW 7

    Sabtu, 16 Maret 2019
    Bismillahirrahmanirrahim.

    Pekan ini, mahasiswi matrikulasi memasuki agenda mengenal bakat masing-masing untuk menjadi ibu produktif. Lalu saya memilih judul "Kenali Diri agar Bahagia".

    "Karena rejeki itu sudah dijamin namun kebahagiaan itu kita yang ciptakan." Lantana Ungu Quote

    Berikut ini adalah hasil ST30 saya dari temubakat.com, pada kesempatan kali ini matrikan diminta untuk melakukan test dan mengkonfirmasi hasilnya.

    Dari hasil yang diperoleh saya cenderung menggunakan otak kanan, namun juga otak kiri bagian bawah lebih dominan dibanding otak kiri bagian atas. Bisa dibilang tidak melulu dengan otak kanan. Mau bilang balance tapi kok ada item-itemnya.

    Kalau dilihat sepintas memang gue banget ini. Mari kita kaji ulang apakah benar sesuai dengan apa yang saya rasakan.



    POTENSI KEKUATAN SAYA ADALAH :

    •) ANA (ANALYST)

    Benar saja kalau saya lebih suka matematika dan kimia dibandingkan pelajaran lain ketika sekolah. Dulu waktu SMK saya masuk jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) dan menjadi seorang Laboratorium Analyst.

    •) COM (COMUNICATOR)

    Kalau teman-teman biasanya menjadikan saya ini tukang membujuk orang. Karena mereka berpikir kalau saya lebih bisa mengumpulkan kata-kata yang cenderung renyah dan membangkitkan orang untuk terbujuk. (((Tapi kalau sama anak kok enggak, balik ke inner child lagi kayanya ini))).

    Ambasador dan educator berwarna kuning itu artinya dalam hal bekerja sama dengan orang lain saya ada potensi. Beberapa diantara teman menyukai cara saya mengajari mereka, karena bahasa yang saya pilih cenderung tidak menggurui namun mereka menyukai.

    •) CRE (CREATOR)

    Saya memiliki daya imajinasi yang lumayan baik, seperti tantangan dalam ber-DIY mainan anak atau membuat design rumah, baju, tas, ataupun alat peraga belajar saya sangat suka.

    •) DES (DESIGNER)

    Menggambar rancangan, dengan detail dan ukuran. Saya sangat menikmati banget dan sampe sekarang masih teringat, sewaktu pelajaran ALAT DAN MESIN PERTANIAN, banyak tugas menggambar layout, menggambar rancangan rumah, dan bermacam-macam alat pertanian. Rasanya enjoy sekali saya.

    Kalau disuruh memilih rasanya pingin banget jadi arsitek. Tapi karena yang lebih sering dijumpai adalah membuat baju. Jadi cenderung membuat pola baju dan juga tas.

    •) EVA (EVALUATOR)

    Yang saya rasakan terkait evaluator ini, saya cenderung jika ketemu orang, saya diam dulu, mengamati seperti apa sifat-sifatnya, karakternya dan bagaimana saya harus menghadapi dia. Jika sudah paham baru tentukan berteman atau menjauh.

    Kalau berkaitan dengan anak-anak, bakat ini memudahkan saya mengevaluasi sejauh mana kemampuan anak saya. Jadi sebelum menerima rapor sekolah emak sudah bisa mempredisksi hasilnya. Dulu waktu demen nonton bola, prediksi saya suka akurat loh, bakal menang yang mana, hihihi.

    •) JOU (JOURNALIST)

    Yah...ini gue banget, sudah sejak SMP saya ingin sekali jadi seorang wartawan. Jaman itu ibu saya dukung loh. Penjahit dan penjual baju yang terkeren sedunia ini, membelikan saya camera Fujifilm dan walkman.

    Untuk saya memoto dan merekam ketika wawancara. Tapi karena tidak tahu caranya untuk mengejar mimpi itu, saya banting stir, masuk SMK ambil jurusan THP. Life must go on, saya butuh yang langsung kerja dan nyata hasilnya.

    •) VIS (VISIONARY)

    Saya punya pandangan jauh kedepan, tapi pada kenyataannya saya menjalani apa yang ada saat ini. Pertimbangan saya dalam bertindak yaitu nantinya akan bagimana ya? Tapi ketika bersama pasangan, hal ini harus saya tekan untuk tidak muncul ke permukaan agar tidak terungkap sebagai gagasan. 😂😂😂

    Disini saya merasa kelu. 😅😅


    POTENSI KELEMAHAN SAYA ADALAH :

    •) ADM (ADMINISTRATOR)

    Sejak awal saya memang sadar kalau saya sangat tidak suka dengan administrasi. Jadi saya menjauhi SMK Kejuruan bidang perkantoran. Dalam hati mending ga sekolah ketimbang harus sekolah disana.

    Dan ini sangat buruk, ternyata saya jadi lemah dalam membuat jadwal dan kurikulum serta lemah dalam managemen waktu. Yang bersifat keteraturan saya sangat kacau.

    •) DIS (DISTRIBUTOR)

    Mengatur segala macam berkaitan dengan sumber daya. Dikatakan saya lemah dalam hal ini. Dan saya sepertinya memang memiliki keraguan untuk mencoba.

    •) INT (INTERPRETER)

    Menyampaikan hal yang biasa menjadi luar biasa. Menggali lebih dalam makna dari sesuatu hal yang biasa menjadi hal yang luar biasa maknanya. Sepertinya saya memang tidak memiliki kemampuan yang demikian.

    •) PRO (PRODUCER)

    Orang yang sangat suka bekerja dengan keteraturan dan itu jelas, bukaaaaan akuuuu. Fix!

    Jadi kalo kerjaan rumah terbengkalai tapi DIY mainan jalan terus itu saya. Tapi saya kerjain kok, tapi nunggu mood datang.

    •) RES (RESTORER)

    Kalau ini mungkin bakat suami ya, kalau hape rusak dia bongkar, kutak-katik nanti baik lagi. Kalau saya sih mau mengerjakan tapi tidak suka. Kalau terpaksa ada yang rusak dan harus diperbaiki ya saya perbaiki. Tapi tidak pernah mendedikasikan waktu saya untuk sungguh-sungguh mempelajari hal ini.

    •) TRE (TREASURY)

    Berkaitan dengan analisis dan ketelitian, sebenarnya masih ada basic potensi, tapi ketika ini berkaitan dengan keteraturan saya menjadi kurang suka. Bukan begitu gaes?

    MEMBUAT KUADRAN AKTIVITAS


    Kesimpulan :

    Ya Allah, saya ini orang yang keset atau pemalas, jika diharuskan merapikan kerjaan rumah setiap saat. Astagfirullahal adzim. Banyak yang harus didelegasikan tapi eman pahalanya. Itu kodrat perempuan kalo kata pak su.

    Author

    Sukma (lantanaungu.com)

    Lantana Ungu adalah seorang Ibu dengan dua orang putri, menyukai dunia literasi dan berkebun. Memiliki 11 karya antologi dan sedang ikut serta dalam beberapa proyek buku antologi. Sangat tertarik dengan dunia parenting, terutama parenting Islami. Email Kerja Sama: sukmameganingrum@gmail.com

    1. numpang share ya min ^^
      bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
      daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
      F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
      ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
      || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

      BalasHapus